Kapan Boleh Mandi Setelah Operasi Caesar?

doktersehat-mandi

DokterSehat.Com– Beberapa hari setelah melahirkan merupakan masa-masa yang penuh tantangan bagi seorang ibu, termasuk bagi ibu yang melahirkan dengan operasi caesar. Setelah operasi, ibu akan membutuhkan waktu untuk pemulihan dan tidak disarankan untuk melakukan beberapa aktivtas, termasuk mandi.

Perawatan tubuh ibu setelah operasi caesar

Setelah menjalani operasi caesar, ibu umumnya akan kesulitan untuk bangkit dari tempat tidur dan ke kamar mandi. Kondisi ini umumnya berlangsung hingga 24 jam pertama setelah operasi.

Anda umumnya akan dibantu perawat untuk beranjak bangun dari tempat tidur. Sebaiknya bangu ndan turun secara perlahan karena umumnya pascaoperasi Anda akan mengalami pusing atau sesak nafas.

Khusus untuk mandi, Anda mungkin belum diperbolehkan mandi karena dapat meningkatkan risiko infeksi karena kontaminasi bakteri. Luka pada operasi caesar merupakan luka yang cukup besar dan dalam sehingga perlu perawatan khusus.

Luka pada operasi caesar sebenarnya tidak menghalangi seseorang untuk mandi. Namun pada beberapa hari setelah operasi, umumnya tidak disarankan untuk mandi. Anda diperbolehkan mandi setelah kulit telah menyatu dengan baik, atau sekitar 5-7 hari setelah operasi. Selama kurun waktu tersebut, Anda disarankan untuk menghindari kontak luka dengan air.

Dikutip dari Reuters, dalam sebuah studi terbaru, para pasien setelah operasi caear diperbolehkan mandi 48 jam setelah operasi. Dalam penelitian tersebut menyatakan bahwa pasien yang diperbolehkan mandi setelah operasi ternyata memiliki semangat penyembuhan yang lebih besar dari pasien yang tidak menjalani operasi.

Temuan ini diharapkan bagi para dokter untuk merekomendasikan pasien untuk mandi setelah operasi. Namun tetap perlu diperhatikan bahwa pasien perlu belajar untuk merawat lukanya sendiri seperti selalu menjaga luka agar tetap kering, hindari berendam dan menggaruk area yang lika serta memberikan cairan antiseptik jika diperlukan. Selain itu, Anda tetap dapat melakukan perawatan dan menjaga kebersihan badan dengan menyeka badan dengan air hangat untuk membantu pemulihan dan menjaga kebersihan badan.