Terbit: 8 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Operasi caesar termasuk operasi besar, karena itu pemulihannya memerlukan beberapa waktu. Terkadang ibu tidak bisa segera kembali beraktivitas setelah operasi karena harus menjalani pemulihan. Salah satu aktivitas yang tidak bisa segera dilakukan ibu setelah menyusui adalah makan. Mengapa?

Kapan Boleh Makan Setelah Operasi Caesar?

pic credit: daniellehelm

Kapan boleh makan setelah operasi caesar?

Sebelum melakukan operasi caesar, Anda akan menjalani pembiusan terlebih dahulu. Ada dua jenis pembiusan, yaitu bius lokal (spinal) dan bius umum. Bius lokal dilakukan dengan melakukan suntikan pada punggung, sedangkan bius umum dilakukan dengan memasukkan obat melalui intravena.

Banyak ibu memilih bius lokal karena risikonya lebih rendah dan ibu dapat tetap sadar dan mengikuti proses kelahiran sampai selesai. Namun proses bius lokal ini bagi beberapa ibu terasa lebih sakit dari bius umum. Jika ibu memilih bius lokal, maka ibu bisa makan dan minum dua jam setelah operasi karena obat bius tidak memengaruhi kerja usus.

Jika ibu memilih bius umum, Anda perlu menunggu pengeluaran gas dari dalam tubuh. Setelah kentut atau keluar gas, maka Anda dapat mulai makan dan minum. Kentut merupakan pertanda bahwa usus mulai sadar dan bekerja dengan normal untuk sistem pencernaan.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement

Selama belum kentut, Anda hanya diijinkan untuk minum dalam jumlah terbatas. Tak perlu khawatir, kondisi Anda tetap terjaga dengan baik dengan infus yang dipasang sebelum operasi. Selain memasukkan obat-obatan, infus juga dapat mengganti cairan tubuh yang hilang selama operasi sehingga Anda tidak merasa lemas.

Umumnya pasien akan kentut dalam kurun waktu 12 jam setelah operasi. Akan tetapi jika Anda tidak kentut hingga 24 jam, maka Anda sebaiknya minta bantuan dokter untuk merangsang proses pengeluaran gas tersebut.

Setelah kentut, sebaiknya Anda jangan tergesa-gesa makan makanan padat. Mulailah dengan makan makanan yang lembut seperti bubur, susu, baru beralih ke makanan padat. Setelah menjalani operasi caesar Anda mungkin mengalami sembelit. Karena itu perbanyak konsumsi air, sayur mayur, dan buah.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi