Terbit: 20 Februari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Banyak pasangan memilih menggunakan alat kontrasepsi atau KB untuk mengontrol kehamilan. Berbagai alat kontrasepsi seperti alat kontrasepsi oral, hormonal merupakan metode yang efektif untuk mencegah kehamilan. Ketika Anda sudah siap untuk memiliki anak, wanita dapat melepas alat KB dan merencanakan kehamilan.

Kapan Bisa Hamil Setelah Berhenti Menggunakan KB?

Salah satu mitos yang beredar tentang penggunaan KB adalah bahwa kontrasepsi oral dapat mengganggu kesuburan setelah dihentikan. Yang sebenarnya terjadi adalah kesuburan wanita akan menurun seiring dengan bertambahnya umur. Ketika wanita melepas KB setelah penggunaan KB sekian tahun, bisa jadi kesuburan wanita memang sudah menurun dan KB penyebab satu-satunya. Untuk mengembalikan kesuburan setelah berhenti KB tergantung dari alat kontrasepsi yang dipakai. Dilansir dari Parents, berikut ini kisaran waktu kembalinya kesuburan wanita setelah melepas KB.

Metode penghalang (barrier)
Penggunaan alat kontrasepsi dengan metode penghalang seperti kondom atau diafragma, sama sekali tidak memengaruhi kesuburan. Begitu Anda berhenti menggunakan alat kontrasepsi ini Anda dapat segera hamil setelah melakukan hubungan seks dengan pasangan Anda.

Metode pil, patch dan cincin

Kontrasepsi oral seperti pil KB menggunakan hormon untuk mencegah tubuh melakukan ovulasi. Sehingga ketika Anda berhenti minum pil, hormon Anda akan kembali normal dalam waktu 24 jam dan dalam siklus berikutnya Anda akan dapat berovulasi dan hamil. Sama halnya dengan pil KB, kontrasepsi patch dan cincin vagina mengandung hormon estrogen dan progestin untuk mencegah kehamilan. Anda dapat hamil lagi setelah berhenti menggunakan alat kontrasepsi tersebut.

Metode suntikan depo-provera
Suntikan depo-provera diberkan setipa 12 minggu. Suntikan ini mengandung sintesis progesteron dan tidak mengandung estrogen sehingga tidak meningkatkan risiko terhadap penyakit jantung dan gangguan pembekuan darah. Anda dapat kembali subur dalam 13 minggu setelah suntikan terakhir. Beberapa wanita dapat hamil lagi setelah 6-7 bulan berhenti menggunakan kontrasepsi jenis ini.

Metode implan
Alat kontrasepsi metode implan merupakan batang plastik fleksibel seukuran batang korek api yang ditaruh di bawah kulit lengan atas. Implan dapat mencegah kehamilan sampai dengan 5 tahun dan bisa digunakan sambil menyusui. Anda dapat segera hamil setelah melepasnya.

Metode IUD
Ada dua jenis IUD, yaitu hormonal dan tembaga. IUD hormon menebalkan lendir serviks sehingga sperma tidak bisa menembusnya, sedangkan IUD tembaga bertindak sebagai efek spermisida, yang dilepaskan untuk mencegah kehamilan. Dengan melepas IUD hormon atau tembaga, kesuburan Anda dapat kembali setelah siklus menstruasi pertama.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi