Kapan Bayi Prematur Boleh Makan Makanan Padat?

doktersehat-bayi-rambut-rontok-tidak-boleh-minum-air-putih-bawah-enam-bulan

DokterSehat.Com– Merawat bayi prematur membutuhkan kesabaran dan perhatian khusus, termasuk menentukan kapan bayi bisa menerima makanan padat. Memberikan makanan padat terlalu cepat pada justru dapat menyebabkan gangguan pencernaan pada bayi.

Kapan bayi mulai makan makanan padat?

Menurut rekomendasi WHO, bayi mulai makan makanan padat atau makan makanan pendamping ASI pada usia 6 bulan. Demikian juga bagi bayi prematur untuk mulai makan makanan padat pada usia 6 bulan dihitung dari tanggal lahir seharusnya.

Dikutip dari Live Strong, perlunya memberi jarak pada bayi prematur karena dikhawatirkan pencernaannya belum siap sehingga rawan tersedak atau sembelit. Karena itu jika bayi Anda prematur kurang dari 8 minggu dari hari perkiraan lahir, maka sebaiknya si kecil makan pada usia 6 bulan lebih 8 minggu dihitung dari tanggal kelahirannya yang sebenarnya.

Tanda bayi siap makan makanan padat

Orang tua perlu mengetahui kapan bayi bisa mulai makan makanan padat. Karena memberikan bayi makanan terlalu lambat dapat menyebabkan bayi kurang gizi sedangkan memberi makanan terlalu cepat dapat menyebabkan gangguan pencernaan.

Beberapa tanda bayi prematur sudah siap makan makanan padat sama dengan tanda pada bayi umumnya, yaitu:
1. Bayi sudah mampu duduk untuk waktu yang lama
2. Bayi tertarik pada sendok yang didekatkan padanya
3. Bayi tertarik pada makanan yang diarahkan ke mulutnya dan mencoba menggapai makanan tersebut

Makanan padat pertama bagi bayi prematur

Jika bayi memiliki gangguan proses menelan makanan, sebaiknya awali dengan makanan cair seperti sayur dan buah yang dilumatkan dan bubur susu. Apabila bayi tidak mau makan pada hari pertama, sebaiknya jangan dipaksa dan coba lagi pada keesokan harinya dan tetap berikan ASI sebagai makanan utamanya. Ketika bayi sudah mulai lancar untuk makan, variasikan makanannya sesuai kebutuhan gizi bayi.