Terbit: 19 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Bagi Anda yang pernah mengajak si kecil untuk ikut nge-gym, mungkin si kecil menunjukkan ketertarikannya pada peralatan gym seperti dumbbell, atau treadmill. Nah sebenarnya mulai kapan anak bisa ikut latihan di gym dan jenis latihan apa yang bisa dilakukan oleh anak-anak?

Kapan Anak-Anak Boleh Latihan Gym?

Bolehkah anak ngegym?

Setiap orang membutuhkan olahraga, termasuk anak-anak. Seperti halnya orang dewasa, olahraga pada anak-anak juga dapat membuat tubuh jadi lebih bugar, rileks, peredaran darah menjadi lebih lancar dan mencegah dari beberapa penyakit. Selain itu olahraga juga dapat membantu tubuh melepaskan hormon endorfin yang membuat seseorang menjadi lebih bahagia.

Mengingat manfaat olahraga sedemikian besar dan juga bermanfaat bagi jangka panjang, maka American Academy of Pediatrics menyarankan anak-anak untuk rutin melakukan aktivitas fisik sebanyak 3-5 kali seminggu dengan masing-masing waktu latihan 30 menit.

Sedangkan untuk gym anak-anak, perlu diketahui bahwa gym tidak selalu berarti olahraga angkat beban. Olahraga gymnastic pada dasarnya adalah rangakaian olahraga untuk melatih keseimbangan, kekuatan otot, fleksibilitas, koordinasi, ketahanan dan kontrol tubuh.

Para pakar menyatakan bahwa anak usia 2 tahun sudah bisa mengikuti olahraga gymnastic. Olahraga ini membantu menguatkan otot dan tulang anak, melatih anggota tubuh, dan melatih koordinasi anggota tubuh.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

Namun perlu diperhatikan, latihan gym anak-anak tidak sama dengan latian gym dewasa. Bagi Anda yang ingin mengikutkan anak latihan gym, pilih pusat kebugaran yang memiliki kelas khusus untuk anak. Dalam kelas tersebut, jenis latihan juga akan disesuaikan dengan usia dan kemampuan anak. Misalnya, anak tidak akan dilatih untuk angkat beban dan pembentukan otot, tapi latihan keseimbangan yang dipadukan dengan teknik permainan agar anak tidak merasa bosan.

Semakin dewasa, jenis latihan anak akan semakin meningkat. Ketika anak menginjak usia 8 tahun jenis latihan akan fokus pada kekuatan otot dan fleksibilitas. Sebelum menentukan apakah si kecil akan ikut kelas gym atau tidak, sebaiknya konsultasi dengan pelatih gym mengenai jenis-jenis latihan yang tersedia di pusat kebugaran tersebut dan apa saja latihan yang diperlukan oleh anak-anak.

Selamat berolahraga!


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi