Kanker Tulang – Gejala dan Pengobatan

doktersehat-kanker-tulang-treadmill-baik-turunkan-kadar-gula

Anda mungkin tidak memiliki gejala tumor tulang. Hal ini biasa terjadi. Namun, dokter mungkin menemukan tumor dengan tidak sengaja ketika memeriksa kondisi tulang pada pemeriksaan sinar X karena masalah lain, seperti keseleo. Namun gejala tumor tulang dapat meliputi beberapa hal.

  • Rasa sakit di area tumor.
  • Sering merasa seperti ditusuk atau pegal.
  • Nyeri atau pegal setelah melakukan suatu aktivitas.
  • Sering terbangun di malam hari.

Gejala lain yang berkaitan dengan tumor tulang mungkin termasuk:

  • Demam.
  • Keringat malam.
  • Pembengkakan yang tidak biasa di sekitar tulang.

Jika Anda berpikir Anda mungkin memiliki tumor tulang, konsultasikan dengan dokter. Dokter Anda akan mengajukan pertanyaan tentang gejala dan riwayat medis dan melakukan pemeriksaan fisik. Anda mungkin perlu melakukan pemeriksaan darah dan pemeriksaan pencitraan tulang seperti sinar X atau CT scan.

Untuk konfirmasi diagnosis, dokter Anda dapat mengambil jaringan melalui jarum atau sayatan dan memilikinya diperiksa di bawah mikroskop untuk melihat tanda-tanda kanker.

Pengobatan Kanker Tulang

Tumor tulang yang cenderung ganas memerlukan pengobatan lebih agresif untuk meningkatkan kelangsungan hidup pasien. Sementara tumor jinak dapat hanya dimonitor dan diawasi, atau dapat diobati dengan obat-obatan.

Dokter dapat mengambil jaringan tumor jinak yang lebih mungkin untuk menyebar atau berpotensi menjadi kanker. Dalam beberapa kasus, tumor dapat kambuh kembali, bahkan setelah pengobatan.

Tumor ganas mungkin memerlukan perhatian beberapa spesialis kanker. Pengobatan tergantung pada stadium kanker dan seberapa jauh ia telah menyebar. Sel-sel kanker terbatas pada tumor tulang dan sekitarnya berada pada tahap lokal. Kanker tulang yang menyebar ke area lain dari tubuh berada pada tahap metastasis. Ini lebih serius dan penyembuhannya akan lebih sulit. Kanker tulang paling sering diambil dengan operasi.

Inilah sejumlah langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi pengobatan tulang:

  • Operasi

Pengambilan kanker dengan menghilangkan bagian dari tulang yang memiliki kanker. Otot di dekatnya, tendon, dan jaringan lainnya tidak diambil. Sebuah implan logam (prosthesis) menggantikan bagian tulang yang telah diambil.

  • Amputasi

Hal ini mungkin diperlukan jika tumor besar atau meluas ke saraf dan pembuluh darah. Badan buatan dapat membantu fungsi tubuh setelah amputasi.

  • Terapi radiasi

Cara ini dilakukan untuk membunuh sel-sel kanker dan tumor menyusut dengan sinar-X dosis tinggi. Hal ini sering digunakan dalam kombinasi dengan operasi dan dapat digunakan sebelum atau setelah operasi.

  • Kemoterapi sistemik

Cara ini dilakukan untuk memusnahkan sel-sel tumor yang telah menyebar melalui aliran darah dengan obat kanker. Kemoterapi dapat diberikan sebelum operasi, setelah operasi, atau untuk penyakit metastasis.

Selain tingkat penyebaran, seberapa parah jaringan sel yang terkena kanker juga bisa berdampak pada kesempatan penderita untuk sembuh. Dan yang harus menjadi catatan, kanker tulang stadium lanjut dapat menyebar ke organ lain. Akibatnya, organ yang mendapat serangan akan mengalami gangguan.