Terbit: 5 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Kanker memang terjadi pada siapa saja tidak peduli jenis kelaminnya. Selama ada sel abnormal tumbuh tidak terkendali, peluang kanker muncul tetap ada. Kanker bisa disembuhkan atau diminimalkan dampaknya kalau terdeteksi sejak dini. Namun, kalau sudah terlambat ditangani bisa menyebar ke mana-mana dengan mudah.

5 Kanker yang Lebih Banyak Menyerang Pria

Nah, meski kanker bisa menyerang siapa saja ada faktor risiko yang membuat kanker jadi khas untuk pria atau wanita. Pada kaum hawa, kanker yang cukup khas dan bisa mengenai mereka adalah kanker payudara dan serviks. Selanjutnya kalau pada pria, lima kanker di bawah ini sering sekali muncul dan mengancam kesehatan.

  1. Kanker prostat

Kanker prostat adalah salah satu pembunuh pria terbesar pertama hingga saat ini. Sebagai perbandingan dari 100.000 pria sehat ada 160 orang yang terdiagnosis kanker prostat dengan stadium yang bermacam-macam. Namun, karena kanker sering tidak terlihat, stadium yang cukup parah sering sekali muncul.

Salah satu tanda kanker prostat yang mudah sekali dikenali adalah rasa sakit saat kencing. Urine sering sekali bocor seperti mengompol saat pria melakukan hal terlalu berat. Selanjutnya di dalam urine juga sering muncul darah serta rasa sakit di sekitar pinggang dan terus berulang-ulang.

  1. Kanker paru-paru

Kanker paru-paru adalah pembunuh terbesar kedua pada pria. Kondisi ini cukup sering muncul karena kebiasaan merokok yang dilakukan oleh pria. Setidaknya dari 100.000 pria ada 81 orang yang mengidap kanker paru-paru. Kanker ini jarang muncul pada wanita karena konsumsi rokok terbesar ada pada pria.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement

Tanda kanker paru-paru yang sering muncul adalah susahnya bernapas pada pria padahal tidak sedang berlari atau melakukan aktivitas berat. Pria juga sering mengalami batuk padahal tidak sedang sakit atau tertular. Selanjutnya area dada juga sering alami sakit yang cukup besar, napas sering bunyi, dan darah keluar saat batuk.

  1. Kanker kolorektal

Kanker kolorektal adalah kanker yang sering muncul di usus dan juga anus. Kanker ini menyerang setidaknya 53 dari 100.000 pria yang sehat. Kanker kolorektal biasanya sering tidak dirasakan oleh pria atau malah menganggap gangguan pada anus terjadi akibat hemoroid atau wasir.

Tanda yang muncul dari kanker kolorektal adalah rasa sakit di perut yang cukup kuat dan obat pereda asam lambung tidak bisa meredakan. Selanjutnya saat buang air besar akan keluar darah di feses. Rasa sakit saat buang air besar juga kerap dirasakan. Kalau kanker sudah kian parah pria akan sering rasakan kelelahan dan penurunan berat badan.

  1. Kanker kandung kemih

Kanker kandung kemih juga sering terjadi pada pria dan setidaknya 36 dari 100.000 pria mengalami kanker ini dengan derajat keparahan yang berbeda-beda. Rata-rata pria dengan usia lanjut sering sekali mengalami kondisi ini dan beberapa di antaranya susah sekali disembuhkan.

Kanker kandung kemih memiliki beberapa tanda yang mudah sekali dikenali. Salah satu tanda itu adalah keluarnya bercak darah atau gumpalan kecil pada urine yang keluar. Saat kencing rasa sakit dan panas juga sering terjadi.

  1. Kanker kulit melanoma

Kanker kulit melanoma adalah penyakit terakhir yang sering menyerang pria. Dari 100.000 pria, 27 di antaranya terkena kanker ini. Dari jumlah yang terinfeksi itu 4 orang di antaranya memiliki risiko kematian yang cukup tinggi.

Kanker ini memiliki tanda berupa munculnya benjolan di kulit seperti tahi lalat. Benjolan ini terus membesar dan sulit sekali dikendalikan.

Inilah beberapa kanker yang lebih sering menyerang pria ketimbang wanita. Semoga bermanfaat.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi