Terbit: 22 Oktober 2020
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Kanker mata anak adalah penyakit yang mulai terjadi pada retina, yakni lapisan sensitif pada bagian dalam mata. Kanker yang sering menyerang anak-anak ini memiliki sejumlah gejala atau ciri-ciri yang harus orang tua kenali. Selengkapnya simak ciri-cirinya di bawah ini! 

8 Ciri-Ciri Kanker Mata Anak (Retinoblastoma) yang Perlu Diwaspadai

Apa Itu Kanker Mata Anak?

Kanker mata anak atau retinoblastoma adalah kanker mata yang sering kali terjadi pada anak-anak. Penyakit langka ini berasal dari mata bagian belakang atau bernama retina. Retina adalah lapisan tipis jaringan saraf yang melapisi bagian belakang mata dan membuat mata untuk melihat.

Sebagian besar kasus terjadi pada satu mata (unilateral), tetapi pada beberapa anak dapat terjadi pada kedua mata (bilateral). Penyakit ini paling sering terjadi pada anak-anak berusia usia 4 tahun ke bawah. Usia rata-rata anak-anak yang mengalami retinoblastoma adalah berusia 18 bulan.

Ciri-Ciri Kanker Mata Anak

Tanda dan gejala kanker mata dapat terjadi pada satu atau kedua mata anak. Gejalanya bisa berbeda-berbeda pada setiap anak. Kondisi ini seringkali dapat terdeteksi setelah orang tua dan dokter memerhatikan mata anak yang tidak normal.   

Berikut ini adalah ciri-ciri kanker mata anak yang umum:

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

1. Pupil Mata Berwarna Putih

Ciri-ciri yang pertama biasanya terlihat saat menyinari mata, pupil (titik gelap pada tengah mata) akan tampak merah karena pembuluh darah pada bagian belakang mata. Sedangkan pada penderita retinoblastoma, pupil biasanya tampak putih atau merah muda, ini merupakan refleks pupil putih (leukocoria).

Orang tua mungkin dapat memerhatikan silau putih ini setelah mengambil foto menggunakan flash, terutama jika pupilnya berbeda warna. Kondisi ini juga mungkin dapat terdeteksi oleh dokter anak selama pemeriksaan mata rutin.

2. Penglihatan yang Buruk

Anak penderita kanker mata mungkin tidak fokus melihat wajah atau objek, atau mungkin anak tidak dapat mengontrol gerakan matanya. Kanker mata anak lebih sering terjadi jika kedua mata terpengaruh. Jika sudah bisa berbicara, anak mungkin berkata bahwa ia tidak dapat melihat sebaik dulu.

3. Mata Malas

Terkadang ciri-ciri pada mata tampak tidak melihat ke arah yang sama, suatu kondisi yang sering kali disebut mata malas (amblyopia).

Ada banyak kemungkinan penyebabnya pada anak-anak. Mata malas biasanya terjadi akibat kelemahan ringan pada otot yang mengontrol mata, tetapi juga dapat terjadi karena retinoblastoma.

4. Mata Juling

Mata juling (strabismus) adalah kondisi mata yang tidak melihat ke arah yang sama, terkadang bisa menjadi gejala retinoblastoma. Dalam sebagian besar kasus, ini tidak lebih dari mata juling tetapi semua anak dengan gejala ini harus segera menghubungi dokter mata.

5. Mata Merah dan Bengkak

Ciri-ciri kanker mata anak mungkin terlihat sangat merah dan bengkak tanpa penyebab yang jelas dan tanpa tanda infeksi. Gejala ini biasanya muncul dengan satu atau lebih tanda lainnya.

Baca Juga: Mata Merah pada Bayi: 8 Penyebab & Cara Mengatasinya

6. Peradangan Semu

Sekitar 10% kasus, anak penderita retinoblastoma mungkin mengalami radang semu pada mata yang terkena. Kondisi ini ditandai dengan rasa sakit atau disertai kemerahan pada mata yang berlangsung lama.

7. Perubahan Warna Iris Mata

Retinoblastoma dapat menimbulkan gejala iris mata berubah warna, terkadang hanya terjadi pada satu mata.

Iris mata adalah lingkaran berwarna yang berfungsi mengatur jumlah cahaya yang masuk ke mata. Ketika cahaya terlalu terang, iris akan menutup pupil. Sedangkan ketika cahaya meredup, iris menyusut sehingga membuat pupil melebar dan lebih banyak cahaya masuk pada mata.

7. Salah Satu Mata Merah dalam Foto

Ciri-ciri ini dapat terlihat melalui foto di mana satu mata tampak merah (kondisi yang normal), sedangkan mata lainnya mungkin terlihat hitam. Pertanda yang tidak normal ini dapat menandakan retinoblastoma.

8. Mata Menonjol

Mata yang menonjol (proptosis) pada anak juga merupakan indikasi yang sangat serius dari kanker mata stadium lanjut. Kondisi ini harus segera ke dokter untuk mendapatkan diagnosis dan perawatan yang tepat.

Baca Juga: Kanker Mata: Penyebab, Jenis, Gejala, Diagnosis, Penanganan

Ciri-Ciri Kanker Mata Anak Lainnya 

Selain gejala umum yang harus orangtua kenali, ada tanda dan gejala retinoblastoma lainnya yang kurang umum, termasuk:

  • Kesulitan melihat.
  • Penglihatan ganda.
  • Katarak.
  • Mata tampak melotot.

Biasanya, retinoblastoma belum menyebar (bermetastasis) ke area lain pada tubuh ketika mendapatkan diagnosis. Jika kanker sudah menyebar, gejalanya termasuk:

  • Tidak nafsu makan.
  • Penurunan berat badan.
  • Muntah.
  • Sakit kepala.
  • Masalah neurologis, termasuk kelemahan, mati rasa, dan kesulitan bergerak.
  • Benjolan (massa).

Kapan Harus ke Dokter?

Segera hubungi dokter anak jika orang tua melihat adanya perubahan pada mata anak yang mengkhawatirkan. Retinoblastoma adalah kanker langka, dokter anak mungkin akan memeriksa kondisi mata lain yang lebih umum terlebih dahulu.

Jika orang tua memiliki keluarga dengan riwayat retinoblastoma, sebaiknya tanyakan kepada dokter anak tentang kapan anak harus memulai pemeriksaan mata secara rutin untuk mengobati kanker mata anak.

Baca Juga: 12 Vitamin untuk Mata agar Tetap Sehat

 

  1. Anonim. Tanpa Tahun. Signs and Symptoms of Retinoblastoma. https://wechope.org/retinoblastoma/retinoblastoma-overview/signs-and-symptoms/. (Diakses pada 22 Oktober 2020)
  2. Anonim. Tanpa Tahun. Retinoblastoma in Children. https://www.cedars-sinai.org/health-library/diseases-and-conditions—pediatrics/r/retinoblastoma-in-children.html. (Diakses pada 22 Oktober 2020)
  3. Anonim. Tanpa Tahun. About retinoblastoma. https://chect.org.uk/about-retinoblastoma-2/. (Diakses pada 22 Oktober 2020)
  4. Anonim. 2018. Retinoblastoma (eye cancer in children). https://www.nhs.uk/conditions/retinoblastoma/. (Diakses pada 22 Oktober 2020)
  5. Anonim. 2018. Signs and Symptoms of Retinoblastoma. https://www.cancer.org/cancer/retinoblastoma/detection-diagnosis-staging/signs-and-symptoms.html#written_by. (Diakses pada 22 Oktober 2020)
  6. Mayo Clinic Staff. 2018. Retinoblastoma. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/retinoblastoma/symptoms-causes/syc-20351008. (Diakses pada 22 Oktober 2020)


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi