Terbit: 12 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Anda penggemar sayur terong? Ya, sayuran yang satu ini ternyata memang sangat pantas itu dijadikan konsumsi sayur harian. Tidak hanya rasanya yang enak, namun terong ternyata memiliki cukup banyak kandungan gizi lho.

Ini 3 Kandungan Gizi Terong Yang Harus Kamu Tahu

Terong menjadi salah satu jenis sayuran yang mudah diperoleh, selain itu ada cukup banyak olahan masakan dari terong, mulai dari lalapan terong mentah maupun matang, sayur berkuah hingga sambal balado terong.

Terong tidak hanya nikmat diolah untuk berbagai jenis masakan, kandungan gizi pada terong yang lengkap telah terbukti berdasarkan data dari US Departement of Agriculture, yaitu:

1. Kandungan fitonutrien dan antioksidan yang tinggi

Terong selalu khas dengan warna ungunya ya. Hal ini ternyata juga membuat terong menjadi unggul dibandingkan dengan bahan makanan lain.

Zat pigmen warna pada terong membuatnya memiliki kandungan antioksidan yang tinggi yang membuat terong sangat baik dikonsumsi untuk mencegah kanker.

2. Tinggi kandungan serat

Dalam 100 gram terong, yang setara dengan 1 buah terong ukuran sedang, terdapat 3 gram serat. Angka ini termasuk tinggi hampir setara dengan satu buah apel atau jeruk.

Seperti yang kita ketahui serat memiliki manfaat yang baik untuk pencernaan hingga mengontrol kolesterol dan kadar gula darah.

3. Kaya vitamin dan mineral, yaitu vitamin K dan potasium

Potasium dan vitamin K baik untuk kesehatan jantung dan tekanan darah. Selain itu, terong mulai banyak dilirik fungsinya dalam menurunkan kolesterol. Hal ini tentu membuat bisa menjadi salah satu pilihan utama konsumsi sayur harian, ‘kan?

Ada berbagai kandungan gizi yang ada pada terong, agar manfaatnya bisa kita rasakan maksimal, maka usahakan konsumsi terong dalam jumlah yang cukup serta hindari mengolahnya dengan banyak santan atau lemak ya.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi