Terbit: 2 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Anda penggemar petai? Meski kerap dianggap sebelah mata namun, ternyata petai juga memiliki cukup banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita lho. Hal ini tentu saja didukung dengan kandungan gizi dan senyawa yang ada pada petai. Apa sajakah itu?

Kandungan Gizi Petai yang Membuatnya Kaya  Manfaat

Petai menjadi salah satu bahan makanan yang cukup banyak diolah, baik untuk bahan baku dan tambahan masakan atau disajikan sebagai lalapan dan sambal.

Kerap dihindari karena dianggap memberikan aroma yang tidak sedap nyatanya petai tetap banyak digemari karena rasanya yang khas. Disamping itu petai dapat pula memberikan berbagai manfaat untuk tubuh dari kandungan gizinya, antara lain:

1. Zat gizi makro yang lengkap

Dalam 8-10 sendok makan petai segar terdapat kandungan zat gizi makro lengkap yaitu karbohidrat, protein dan lemak. Kandungan yang tinggi pada petai adalah kandungan karbohidrat, sehingga konsumsi petai dapat memberikan asupan energi yang cukup tinggi bagi tubuh. Selain itu, protein yang ada pada petai akan menjadi zat pembangun dan pengganti sel tubuh yang rusak.

2. Kandungan mineral magnesium dan kalsium

Pete memiliki kandungan magnesium dan kalsium yang cukup tinggi. Seperti yang kita ketahui, kedua zat gizi tersebut bermanfaat untuk kesehatan tulang dan tubuh secara umum.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

3. Senyawa yang penting untuk kesehatan saraf dan organ tubuh

Petai memiliki tiga senyawa utama yang bermanfaat untuk tubuh. Yaitu asam amino triptofan yang penting untuk sistem saraf hingga mengurangi stres, tiazolidin carbosiklik acid dan sulfur yang penting untuk organ hati dalam fungsinya sebagai membuang racun serta senyawa polisulfida siklik yang mampu mengurangi kerusakan pada ginjal.

Nah, itu dia kandungan gizi dan manfaat yang bisa kita peroleh dari petai, dengan melihat berbagai manfaatnya maka petai tentu tidak bisa dipandang sebelah mata lagi, ya.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi