Terbit: 28 Desember 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Apakah Anda sering mengonsumsi olahan kacang hijau? Kacang hijau memang cukup mudah kita peroleh di pasaran. Seperti yang kita ketahui bahwa kandungan kacang hijau kaya akan gizi. Kira-kira apa sajakah kandungan gizi kacang hijau?

Inilah Kandungan Gizi Kacang Hijau yang Sangat Menyehatkan

Kandungan Kacang Hijau yang Menyehatkan

Meskipun kadang dianggap sebelah mata, kacang hijau ternyata merupakan salah satu sumber protein nabati yang paling baik lho. Berikut ini kandungan kacang hijau yang perlu Anda ketahui.

1. Tinggi protein

Berdasarkan data dari US Departement of Agriculture, kandungan gizi kacang hijau dalam 100 gram setara dengan 8-10 sendok makan kacang hijau kering, terdapat 23 gram protein. Angka ini termasuk cukup tinggi jika dibandingkan dengan bahan makanan protein nabati lainnya.

Maka dari itu olahan kacang hijau umumnya adalah camilan seperti es kacang hijau, bubur kacang hijau atau kue pia. Kacang hijau sangat baik dikonsumsi oleh semua umur, mulai dari anak-anak, ibu hamil, ibu menyusui dan dewasa, untuk memenuhi kebutuhan protein nabatinya.

2. Kaya serat

Selain itu, kandungan kacang hijau berupa serat dalam 100 gram kacang hijau termasuk sangat tinggi yaitu sebanyak 16,6 gram. Angka ini dua kali lebih tinggi daripada satu porsi buah apel atau jeruk lho. Hal ini tentu juga baik untuk kesehatan tubuh karena akan membantu memenuhi kebutuhan serat harian.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

3. Vitamin dan mineral lengkap

Kandungan gizi kacang hijau memiliki vitamin yang lengkap, namun kandungan vitamin utamanya adalah asam folat dan vitamin A. Sedangkan kandungan kacang hijau berupa mineral yang cukup tinggi adalah kalium dan kalsium.

Kini semakin banyak olahan minuman dari kacang hijau, camilan atau pilihan rasa yang menggunakan kacang hijau sebagai variannya. Selain mudah diperoleh dan diolah, kacang hijau memiliki banyak kandungan gizi untuk tubuh.

Kandungan Gizi Kacang Hijau

Satu cangkir kacang hijau yang dimasak mengandung berbagai gizi seperti berikut ini:

  • 212 kalori
  • 14 gram protein
  • 15 gram serat
  • 1 gram lemak
  • 4 gram gula
  • 321 mikrogram folat (100%)
  • 97 miligram magnesium (36%)
  • 0,33 miligram vitamin b1 tiamin (36%)
  • 0,6 miligram mangan (33%)
  • 7 miligram seng (24%)
  • 0,8 miligram vitamin B5 asam pantotenat (8%)
  • 0,13 miligram vitamin B6 (11%)
  • 55 miligram kalsium (5%)

Jika Anda ingin memakan kacang hijau mentah, kandungan kacang hijau dalam satu cangkir memiliki sekitar 31 kalori dan akan menyediakan sekitar tiga gram protein dan dua gram serat.

Manfaat Kacang Hijau untuk Kesehatan

Manfaat kacang hijau begitu sangat menyehatkan tubuh jika dikonsumsi secara rutin, entah itu dalam bentuk bubur kacang hijau, sari kacang hijau atau pia kacang hijau. Berikut khasiat kacang hijau yang sangat menyehatkan:

1. Anti-penuaan 

Kacang hijau adalah agen anti-penuaan yang kuat. Tembaga merupakan salah satu kandungan kacang hijau yang berkhasiat sebagai anti-penuaan, mengurangi keriput, bintik-bintik penuaan, dan garis usia pada kulit. Mengonsumsi kacang hijau secara rutin dapat membuat Anda terlihat 10 tahun lebih muda dari usia semula. Penuaan tampaknya menjadi masalah bagi wanita yang mencintai kulit, rambut, dan kuku. Jika ingin memiliki penampilan muda, Anda harus beralih ke resep sarapan kacang hijau yang enak dan menyehatkan.

2. Mencerahkan kulit

Manfaat kacang hijau dapat menambah kulit berkilau dan bercahaya. Kandungan kacang hijau berupa tembaga dapat meningkatkan penggunaannya dalam berbagai produk kecantikan untuk wajah dan krim wajah. Menggunakan kacang hijau sebagai scrub juga menjadi pilihan yang baik.

Cara membuat masker kacang hijau:

  • Giling kacang hijau hingga halus
  • Tambahkan air hangat hingga menjadi pasta
  • Oleskan pasta di wajah Anda dan biarkan kering selama 10 menit
  • Gosok selama 10 menit berikutnya

Manfaat masker ini dapat membersihkan kotoran di pori-pori. Masker pengelupasan wajah ini juga dapat membersihkan komedo dan minyak berlebih. Tidak diragukan lagi, ini adalah salah satu scrub alami terbaik yang dapat Anda gunakan untuk membuat kulit bercahaya.

3. Pengontrol kolesterol 

Penyakit jantung sangat umum akhir-akhir ini. Gaya hidup yang buruk adalah salah satu penyebab utama yang menambah banyak masalah jantung setiap hari. Manfaat kacang hijau dapat meningkatkan pencernaan dan metabolisme tubuh manusia, yang pada gilirannya mengurangi pembentukan dan penumpukan kolesterol di dinding arteri dan kapiler. Rutin mengonsumsi kacang hijau akan mencegah penyakit jantung berbasis kolesterol.

4. Menguatkan tulang 

Manfaat kacang hijau dapat digunakan sebagai suplemen kalsium alami. Ini menjaga kesehatan tulang dan dapat membuat Anda juga aman dari patah tulang.

5. Mengatur tekanan darah 

Ini adalah fakta yang terbukti bahwa manfaat kacang hijau adalah sebagai pengendali dan regulator lemak. Selain itu, kandungan kacang hijau berupa magnesium dalam jumlah besar menjadikannya regulator tekanan darah yang sangat kuat. Ini mempertahankan tingkat magnesium dalam darah. Magnesium memudahkan pembuluh darah dan menurunkan hipertensi. Ini, pada gilirannya dapat menjaga tekanan darah tubuh terkendali.

6. Anti-kanker 

Manfaat kacang hijau dapat menjaga radikal bebas tetap terkendali. Radikal bebas ini dapat menjadi hasil dari apa pun seperti polusi, stres, ngemil yang tidak sehat dan toksisitas dalam tubuh. Radikal bebas ini dapat mengganggu pertumbuhan sel normal. Pertumbuhan sel yang abnormal bahkan dapat menyebabkan kanker. Kacang hijau merupakan penekan alami radikal bebas, adalah pilihan yang baik untuk mencegah kanker.

7. Pengontrol gula dalam tubuh

Manfaat kacang hijau dapat meningkatkan pembentukan gula ramah dan mencegah pembentukan gula jahat di tubuh manusia. Gula ramah atau gula buah mudah dicerna dan tidak bersirkulasi dalam darah. Mudah dikonversi ke ATP. Mengonsumsi kacang hijau adalah cara yang sangat efisien untuk mengatur metabolisme gula dalam tubuh dan bahkan dapat mencegah diabetes.

Ketahui manfaat kacang hijau selengkapnya di sini.

Nah, itulah kandungan gizi kacang hijau beserta manfaat kacang hijau yang menyehatkan tubuh. Yuk, mulai sekarang rutin mengonsumsi kacang hijau, Teman Sehat!


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi