Digunakan di Camilan Anak, Adakah Kandungan Gizi Pada Gelatin?

doktersehat-gelatin-gizi
Photo Credit: Flickr.com/Chloe Lim

DokterSehat.Com– Camilan untuk anak tentu identik dengan rasa yang manis, warna yang menarik dan tekstur yang unik. Tekstur menjadi daya tarik sendiri bagi anak tak heran anak sangat menyukai camilan yang kenyal atau lunak yang sangat umum menggunakan gelatin. Lalu, apa itu gelatin?

Gelatin adalah salah satu bentuk protein kolagen yang diperoleh dari beberapa jaringan lunak, misalnya kulit dan tulang rawan, yang ada pada hewan.

Dalam tubuh, fungsi utama gelatin adalah untuk merekatkan jaringan lunak dengan jaringan tubuh lainnya. Hal inilah yang menyebabkan gelatin bisa membentuk tekstur lembut dan kenyal jika diolah untuk berbagai olahan makanan.

Penggunaan gelatin

Tekstur gelatin yang lunak membuatnya bisa dimanfaatkan dalam berbagai bidang, mulai dari kecantikan, farmasi hingga makanan.

Pada makanan, gelatin merupakan bahan baku utama pembuatan produk agar, jeli dan permen kenyal. Gelatin juga kerap diolah untuk masakan seperti sup atau bahan tambahan pada saus.

Adakah kandungan gizi pada gelatin?

Seperti yang telah disebutkan gelatin terbuat dari produk hewani. Hal ini tentu juga membuat gelatin menjadi sumber protein hewani yang baik untuk tubuh.

Meskipun tidak sebanyak produk hewani dalam bentuk segar, gelatin mampu memberikan 3-4 gram protein dalam 100-125 ml larutan gelatin murni.

Manfaat gelatin

Tidak hanya itu, gelatin juga mampu memberikan manfaat untuk pencernaan dan mengontrol gula darah.

Hal ini disebabkan gelatin memiliki kandungan glisin yang baik untuk kesehatan saluran pencernaan. Gelatin juga disebut mampu mencegah gangguan akibat produksi asam lambung berlebih karena menstimulasi pembentukan asam lambung lebih baik dan terkontrol.

Glisin yang ada pada gelatin juga mampu memberikan manfaat mengontrol gula darah karena merupakan salah satu jenis asam amino yang sudah diketahui fungsinya dalam menjaga kestabilan gula darah dalam tubuh.

Namun, hal tersebut tentu akan bisa kita rasakan jika penggunaan gelatin tidak dicampurkan dengan gula atau pemanis lainnya yang berlebihan, ya.

Dengan adanya kandungan gizi dan manfaat pada gelatin, maka gelatin tentu cocok dikonsumsi untuk anak-anak, maupun orang dewasa, kan?