Kandungan Daun Kelor Segar dan Kering yang Komplit dan Kaya Gizi

kandungan-daun-kelor-kering-doktersehat

DokterSehat.Com – Daun kelor adalah daun yang dianggap mistis bagi sebagian orang, padahal daun kelor merupakan superfood dan bahkan ada yang menobatkan daun kelor sebagai mega superfood. Ini benar karena kandungan daun kelor segar ataupun kering cukup lengkap dan kaya akan zat-zat gizi penting.

Yuk, lanjutkan membaca untuk menemukan fakta kandungan daun kelor kering dan segar yang bisa membuat Anda terkejut dan mengubah pandangan ‘mistis’ terhadap daun kelor menjadi daun yang kaya gizi dan penuh manfaat.

Jangan heran jika Anda ingin segera mengonsumsi daun kelor setelah mengetahui fakta ini!

Kandungan Daun Kelor Segar dan Kering yang Mengejutkan

Wajar jika masih banyak orang yang enggan mengonsumsi daun kelor (Moringa oleifera) karena hal mistis yang terkait dengan daun kelor. Namun, anggapan ini bisa diubah setelah mengetahui kandungan daun kelor segar dan kering yang sangat mengejutkan.

Inilah fakta kandungan daun kelor segar dan kering yang akan mengubah persepsi mistis Anda! Kira-kira jenis daun kelor manakah yang mengandung zat gizi lebih banyak?

1. Kandungan daun kelor secara umum

Berdasarkan informasi yang didapatkan dari DKBM Indonesia, daun kelor mengandung zat gizi makro dan zat gizi mikro. Pada tabel DKBM, terdapat informasi mengenai kandungan daun kelor tetapi tidak disebutkan daun kelor segar ataupun daun kelor kering.

Kandungan daun kelor menurut DKBM Indonesia mengandung 82 kalori energi; 6,7 gram protein; 1,7 gram lemak; 14,3 karbohidrat; 440 mg kalsium; 70 mg fosfor; 7 mg zat besi; 11300 IU vitamin A; 0.21 vitamin B; dan 220 mg vitamin C.

2. Kandungan daun kelor segar yang tinggi

Biasanya, pengonsumsian daun kelor dilakukan dengan cara dibuat sayur, yaitu sayur daun kelor. Tentu sayur daun kelor yang dipakai adalah daun kelor segar.  Beberapa daerah di Indonesia gemar mengonsumsi sayur daun kelor yang ternyata bergizi tinggi.

Kandungan daun kelor segar sebanyak 100 gram terdiri dari 92 kalori energi; 6,8 gram protein; 1,7 gram lemak; 12,5 gram karbohidrat; dan 0,9 gram serat. Daun kelor juga mengandung beberapa jenis vitamin yang penting.

Kandungan vitamin di dalam 100 gram daun kelor segar, di antaranya adalah 6,78 mg karoten vitamin A; 0,06 mg tiamin (vitamin B1); 0,05 mg riboflavin (vitamin B2); 0,8 mg niasin (vitamin B3); dan 220 mg vitamin C.

Baca Juga: 10 Manfaat Daun Kelor bagi Kesehatan Tubuh

Daun kelor segar juga terdiri dari beberapa kandungan mineral. Kandungan mineral daun kelor segar terdiri dari 440 mg kalsium; 0,07 mg tembaga,; 0,85 mg zat besi; 42 mg magnesium; 70 mg fosfor; 259 mg kalium; dan 0,16 mg seng.

3. Kandungan daun kelor kering yang berkali-kali lipat!

Di luar negeri, pengonsumsian daun kelor sudah semakin maju yaitu dibuat dalam bentuk suplemen superfood yang berisikan daun kelor kering yang telah diolah menjadi bubuk. Ternyata, semua kandungan daun kelor kering lebih tinggi daripada daun kelor segar.

Hal ini dikarenakan, pengolahan daun kelor segar menjadi daun kelor kering yang dibuat menjadi bubuk akan meningkatkan konsentrasi semua zat gizi kecuali vitamin C. Daun kelor kering bubuk per 100 gram mengandung 205 kalori energi; 27,1 gram protein; 2,3 gram lemak; 38,2 gram karbohidrat; dan 19,2 gram serat.

Kandungan vitamin pada daun kelor kering juga meningkat kecuali vitamin C. Per 100 gram daun kelor kering memiliki kandungan 18,9 mg beta karoten vitamin A; 2,64 mg tiamin (B1); 20,5 mg riboflavin (B2); 8,2 mg niasin (B3); dan 17,3 mg vitamin C.

Tak hanya itu, kandungan mineral di dalam 100 gram daun kelor kering juga meningkat. Peningkatan tersebut bisa dilihat dari kandungan mineral daun kelor kering yang memiliki kandungan berikut, 2003 mg kalsium; 0,57 mg tembaga; 28,2 mg zat besi; 368 mg magnesium; 204 mg fosfor; 1324 mg kalium; dan 0,29 mg seng.

Bagaimana? Sudah terbukti kan bahwa daun kelor kering mengandung zat gizi yang beberapa kali lipat dari daun kelor segar, kecuali pada kandungan vitamin C. Jadi, jika ingin mendapatkan vitamin C lebih tinggi sebaiknya konsumsi daun kelor segar.

Baca Juga: Cerahkan Wajah Secara Alami dengan Daun Kelor

Perbandingan daun kelor terhadap pangan lain

Anda telah mengetahui kandungan daun kelor yang cukup lengkap jenis zat gizinya dan tinggi jumlahnya. Mungkin, angka-angka tersebut masih belum bisa membuat Anda membayangkan betapa tingginya gizi yang dimiliki oleh daun kelor baik daun kelor segar apalagi daun kelor kering.

Tingginya kandungan daun kelor bisa dilihat dengan membandingkan jumlah zat gizinya dengan jumlah zat gizi dari bahan pangan lain. Berikut ini adalah fakta perbandingan kandungan zat gizi daun kelor segar dan kering dengan bahan pangan lainnya.

Fakta daun kelor segar dengan bahan pangan lain yang terkenal akan kandungan gizinya pada zat gizi tertentu:

  1. Kandungan vitamin C 7x lipat dibandingkan dengan jeruk segar
  2. Kandungan vitamin A 4x lipat dibandingkan dengan wortel
  3. Kandungan kalsium 4x lipat dibandingkan dengan susu
  4. Kandungan kalsium 3x lipat dibandingkan dengan pisang
  5. Kandungan protein 2x lipat dibandingkan dengan yogurt
  6. Kandungan zat besi 3/4x lipat dibandingkan dengan daun bayam

Fakta daun kelor kering dengan bahan pangan lain yang terkenal akan kandungan gizinya pada zat gizi tertentu:

  1. Kandungan zat besi 25x lipat dibandingkan dengan daun bayam
  2. Kandungan kalsium 17x lipat dibandingkan dengan susu
  3. Kandungan kalsium 15x lipat dibandingkan dengan pisang
  4. Kandungan protein 9x lipat dibandingkan dengan yogurt
  5. Kandungan vitamin A 10x lipat dibandingkan dengan wortel
  6. Kandungan vitamin C 1/2x lipat dibandingkan dengan jeruk segar

Bagaimana? Sudah terbayang betapa tingginya kandungan daun kelor terutama daun kelor kering. Kini, sudah hilangkah kesan mistis daun kelor dari benak Anda? Jika sudah maka segeralah konsumsi daun kelor yang penuh gizi ini.

 

Sumber:

  1. Jonni, M.Sitorus, Nelly K. 2008. Cegah Nutrisi Dengan Kelor. Yogyakarta: Kanisius
  2. F.G. Winarno. 2018. Tanaman Kelor (Moringa oleifera): Nilai Gizi, Manfaat, dan Potensi Usaha. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
  3. Erna Nucahyati. 2014. Khasiat Dahsyat Daun Kelor: Membahas tentang manfaat dan khasiat yang terdapat dalam daun kelor. Jakarta: Jendela Sehat