Terbit: 12 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Wanita tidak bisa lepas dari pemakaian produk kecantikan, mulai dari peroduk kecantikan wajah, kulit, hingga rambut. Produk kecantikan ini dipakai setiap hari hari untuk membuat penampilan semakin terlihat sempurna. Akan tetapi, tak jarang dari mereka yang mengalami masalah seperti kulit iritasi yang disebabkan oleh pemakaian produk kecantikan. Hal ini dikarenakan kulit tidak bisa menyesuaikan dengan kandungan yang terdapat di dalam produk kecantikan tersebut.

3 Jenis Kandungan Berbahaya dalam Produk Kecantikan yang Wajib Dihindari

Beberapa produk kecantikan juga diketahui mengandung bahan berbahaya yang bisa membawa dampak buruk bagi tubuh, bahkan juga bisa menyebabkan masalah kesehatan, baik masalah kesehatan sederhana, sampai masalah yang fatal. Berikut adalah beberapa kandungan dalam produk kecantikan yang harus dihindari karena dianggap berbahaya, diantaranya:

1. Parfum

Kandungan parfum biasanya di dalam produk kecantikan seperti cologne, parfum, sabun, scrub, lotion, shampoo, dan conditioner. Sebenarnya, kandungan ini bermanfaat untuk memberikan aroma wangi, sehingga ketika Anda menggunakannya, maka aroma tubuh dan rambut Anda akan terasa lebih wangi. Namun, jika digunakan terlalu banyak, kandungan parfum akan mempengaruhi sistem pernapasan dan juga sistem reproduksi. Oleh sebab itu, hindari kandungan fragrance, parfum, essential oils, dan aroma.

2. Mineral Oil

Mineral oil bisa Anda temukan di dalam minyak kayu putih, lotion, pelembap tubuh, krim mata, riasan bibir, dan lip balm. Mineral oil bertekstur cair dan tidak berbau. Walaupun begitu, cairan ini mudah membuat kulit kehilangan kadar air. Selain itu, juga bisa mengganggu penghalang kekebalan alami kulit dan menghambat kemampuannya untuk bernapas, dan menyerap nutrisi. Hal tersebut merupakan salah satu faktor penyebab jerawat dan komedo.

3. Formaldehyde

Kandungan yang terdapat di dalam produk kecantikan terakhir yang harus dihindari adalah formaldehyde. Kandungan ini bisa Anda jumpai pada produk kecantikan, seperti sampo, sabun, kondisioner, gel rambut, cat kuku, eye shadow, dan maskara. Formaldehyde memiliki bau dan tidak berwarna. Kandungan ini berfungsi untuk mencegah pertumbuhan mikroba dalam berbagai produk, namun bisa menyebabkan kanker dan iritasi kulit. Untuk itu, sebisa mungkin batasi diri Anda untuk menggunakan produk kecantikan yang mengandung formaldehyde secara berlebihan.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi