Terbit: 1 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Masalah rambut berketombe merupakan salah satu masalah yang kerap dihadapi oleh sejumlah orang. Tidak hanya disebabkan oleh infeksi jamur tertentu. Rambut berketombe ternyata juga dapat disebabkan oleh kulit kering mau pun terserang penyakit tertentu. Nah, maka dari itu tidak ada salahnya untuk mengatasinya secara optimal. Terutama dengan menggunakan bahan-bahan yang ampuh membasmi ketombe secara menyeluruh seperti berikut.

Kandungan Bahan yang Ampuh Basmi Ketombe yang Wajib Diketahui

Photo Credit : www.pexels.com

1. Ketoconazole

Dilansir dari laman Beyond Talk, salah satu bahan aktif yang biasanya ditambahkan pada shampoo anti ketombe merupakan ketoconazole. Sebagai tambahan informasi, bahan aktif satu ini bekerja dengan membunuh jamur penyebab ketombe. Tidak heran jika kulit kepala akan terasa lebih bersih dan segar.

2. Zinc pyrithione

Bahan lain yang biasa digunakan pada produk anti ketombe adalah zinc pyrithione. Zinc pyrithione merupakan bahan aktif yang bekerja sebagai antifungal sekaligus antibakteri. Tidak heran jika kerja dari zinc pyrithione lebih ampuh dan optimal dalam membasmi penyebab ketombe.

3. Coal Tar

Sejumlah shampoo anti ketombe juga menggunakan coal tar sebagai bahan aktifnya. Sebagai tambahan informasi, coal tar memperpanjang masa hidup sel kulit kepala yang mencegah ketombe. Apalagi seperti yang telah diketahui, ketombe disebabkan oleh sel kulit mati yang meluruh dan menyebabkan kepingan-kepingan berwarna putih kekuningan.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

Bahan-bahan di atas merupakan bahan aktif yang biasa ditemukan pada shampoo anti ketombe. Tidak hanya membunuh jamur dan bakteri penyebab ketombe, sejumlah bahan aktif pada shampoo anti ketombe juga memiliki fungsi lain yang menjadikan sel kulit kepala lebih sehat dan kuat.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi