3 Bahan Skincare yang Ampuh Hilangkan Kerutan

wajah-keriput-doktersehat
Photo Credit: Stay Young Longer

DokterSehat.Com– Kerutan yang menghiasi sejumlah sudut wajah menjadi salah satu masalah tersendiri. Kerutan tidak hanya disebabkan oleh usia yang bertambah saja. Namun, sejumlah faktor juga menyebabkan penuaan dini yang ditandai dengan adanya kerutan. Kendati demikian, jangan khawatir dan terburu-buru memilih prosedur yang berisiko. Pasalnya, kerutan dapat dihilangkan dengan menggunakan skincare yang mengandung bahan berikut.

Photo Credit: Stay Young Longer

1. Retinol

Salah satu bahan yang ampuh dalam memudarkan kerutan adalah retinol. Dilansir dari laman Birchbox, retinol merupakan bahan yang menstimulasi produksi kolagen. Apalagi, kolagen merupakan unsur penting yang menjaga keelastisitasan kulit. Tidak hanya itu saja, produk yang mengandung retinol juga mencegah terjadinya hiperpigmentasi.

2. Vitamin C

Dilansir dari laman Birchbox, vitamin C merupakan salah satu bahan yang juga ampuh dalam menghilangkan kerutan. Vitamin C sendiri tidak hanya menstimulasi produksi kolagen saja. Namun, juga mengandung antioksidan yang merawat keremajaan kulit. Vitamin C juga berfungsi sebagai pelindung kulit dari radikal bebas atau pun paparan sinar matahari.

3. Alpha Hydroxy Acid

Selain dua bahan tersebut, kandungan lain yang dapat mengatasi masalah kerutan di wajah adalah AHA. AHA merupakan singkatan dari Alpha Hydroxy Acid, salah satu bahan aktif yang berfungsi sebagai eksfoliator. Dilansir dari laman Birchbox, tumpukan sel kulit mati menjadikan garis-garis halus alias kerutan semakin terlihat tajam. Tidak heran meluruhkan sel kulit mati mampu memudarkan bahkan menghilangkan kerutan.

Ketiga bahan di atas ternyata juga telah sejak lama direkomendasikan oleh para dermatologis untuk merawat kulit. Tidak hanya mengatasi masalah kulit jerawat saja, ketiga bahan di atas juga ampuh dalam mengatasi kerutan yang menghiasi beberapa sudut wajah.