Terbit: 5 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Beberapa minggu belakangan para beauty influencer di Indonesia sedang dihebohkan dengan produk-produk yang dilengkapi dengan tambahan ekstrak aprikot di dalamnya. Sebagai tambahan informasi, ekstrak aprikot yang ditambahkan pada skincare rupanya berbentuk minyak esensial yang diekstraksi dari biji buah aprikot sendiri. Nah, apa saja sih kandungan bahan aktif pada biji buah aprikot ini sampai-sampai membuat banyak orang menyukai produk dengan kandungan bahan tersebut?

Kandungan Bahan Aktif pada Biji Buah Aprikot yang Kerap Ditambahkan pada Skincare

1. Vitamin B17

Dilansir dari laman To Health Remedies, salah satu kandungan bahan aktif yang terdapat pada biji buah aprikot adalah vitamin B17. Vitamin B17 sendiri merupakan salah satu vitamin yang dapat membunuh sel-sel kanker, termasuk sel kanker kulit yang dapat menyebabkan kulit bermasalah.

2. Moisturizer

Biji buah aprikot yang tela diolah dalam bentuk minyak esensial ternyata juga mengandung moisturizer yang cukup tinggi. Tidak heran jika minyak esensial satu ini kerap digunakan untuk melembutkan atau mengatasi kulit yang kering. Terutama pada bagian siku, lutut dan tumit. Penggunaan minyak biji buah aprikot sendiri pada kulit juga menghasilkan kulit yang lebih glowing.

3. Gamma Linolic Acid

Bahan aktif lainnya yang dapat ditemukan di dalam biji buah aprikot adalah gamma linolic acid. Dilansir dari laman Top Health Remedies, gamma linolic acid merupakan salah satu bahan yang dapat digunakan sebagai astringen. Dikombinasikan dengan kandungan vitamin A dan vitamin E di dalam biji buah aprikot, gamma linolic acid dapat mengembalikan kekencangan kulit sehingga kulit akan terhindar dari penuaan dini.

Siapa yang akan menyangka ternyata biji buah aprikot mengandung sejumlah bahan aktif yang cukup beragam. Tidak hanya dapat melembapkan kulit yang kering, kandungan bahan aktif pada biji buah aprikot juga menjadikan olahan atau ekstrak dari biji buah aprikot dapat menjaga dan melindungi kesehatan kulit secara optimal.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi