Terbit: 19 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Rambut dan kulit yang sehat menunjukkan tubuh yang sehat juga. Hal ini karena rambut yang kuat dan sehat tergantung pada kemampuan tubuh membentuk batang rambut dan folikel yang kuat. Hal ini hanya bisa didapatkan jika kebutuhan nutrisi Anda terpenuhi dengan baik.

Mengenal Pentingnya Kale untuk Kesehatan Rambut

Kale adalah sayuran dengan sumber nutrisi yang sangat kuat. Banyaknya nutrisi yang terkandung dalam sayur ini akan membantu Anda mendapatkan rambut yang sehat dan kuat.

1. Mendorong pertumbuhan rambut

Vitamin B kompleks pada Kale membantu pembentukan sel-sel darah merah yang membantu mengangkut oksigen dan nutrisi lainnya ke folikel pada kulit kepala. Kekurangan vitamin B akan membuat rambut Anda menjadi lemah dan mudah patah. Masalah ini bisa diatasi dengan mengonsumsi jus kale. Selain itu, Kale juga mengandung mineral biotin yang sangat penting untuk pertumbuhan rambut dan membantu menjaga kesehatan kulit kepala.

2. Vitmin C

Vitamin C diperlukan untuk memproduksi kolagen. Kolagen tidak hanya berfungsi untuk membuat kulit kencang saja, tapi juga perlu untuk mengoptimalkan pertumbuhan rambut. Kekurangan vitamin C akan membuat rambut Anda kering, kusut dan mudah rusak.

3. Zat besi

Anda tentu sudah tahu bahwa kekurangan zat besi dapat menimbulkan anemia. Anemia berat akan menimbulkan kerontokan rambut berat. Kale tinggi zat besi yang akan mencegah rambut rontok dan mendorong pertumbuhan rambut.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement

4. Zinc

Anda tentu tahu bagaimana banyak produk shampo menggunakan zinc. Hal ini karena zinc memang mineral yang terlibat dalam pertumbuhan jaringan dan perbaikan kulit kepala. Zinc akan membantu kelenjar minyak di sekitar folikel rambut bekerja dengan baik serta mencegah kerontokan rambut. Kurangnya kadar zinc dalam tubuh dapat memperlambat pertumbuhan rambut, menimbulkan ketombe, serta masalah rambut rontok.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi