Kaki Sering Bengkak Tanda Asam Urat?

nyeri-lutut-asam-urat-doktersehat
Photo Source: Flickr/sblackley

DokterSehat.Com– Penyakit asam urat terjadi saat tubuh memiliki kadar asam urat yang sangat berlebihan. Kristal asam urat yang berbentuk runcing ini terus menumpuk di persendian sehingga bisa menyebabkan gejala seperti rasa nyeri, pembengkakan, sensasi hangat, hingga kekakuan. Hanya saja, apakah kaki yang sering mengalami pembengkakan adalah tanda bahwa kita mengalami masalah asam urat?

Mengingat salah satu gejala dari masalah asam urat adalah pembengkakan pada persendian, maka kita tentu harus waspada jika kaki kita sering mengalami pembengkakan. Hanya saja, sebagaimana telah disebutkan sebelumnya, masalah asam urat muncul di persendian. Hal ini berarti, jika yang membengkak bukanlah di bagian persendian, bisa jadi penyebabnya adalah masalah kesehatan selain penyakit asam urat.

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa ciri-ciri dari pembengkakan yang disebabkan oleh asam urat adalah lokasinya yang berada di sekitar persendian. Selain pembengkakan, sensasi nyeri juga akan sangat terasa. Bahkan, banyak penderitanya yang mengaku melihat perubahan warna kulit yang membengkak menjadi kemerahan dan munculnya sensasi panas seperti terbakar. Sensasi panas ini disebabkan oleh terhambatnya aliran darah akibat tersumbat oleh tumpukan asam urat di persendian.

Penderita asam urat harus mengubah gaya hidupnya, khususnya dalam hal pola makan demi mencegah datangnya serangan penyakit ini. Sebagai contoh, mereka tak lagi bisa mengonsumsi makanan kaya purin seperti makanan laut atau jeroan. Penderita asam urat juga diminta untuk memperbanyak asupan air putih, yakni minimal 2,5 liter air setiap hari demi membantu proses peluruhan asam urat di dalam tubuh. Selain itu, mereka juga harus menjaga berat badan tetap ideal demi membantu ginjal berfungsi dengan baik meskipun kadar asam urat di dalam tubuh sangat tinggi.

Penderita asam urat juga disarankan untuk berolahraga setidaknya 30 menit setiap hari dan rajin mengonsumsi obat asam urat yang diberikan oleh dokter sebelumnya demi mencegah datangnya serangan penyakit ini.