Salah Satu Bagian Tubuh Membengkak, Tanda Penyakit Ginjal?

benjolan-mata-kaki-tanda-asam-urat-doktersehat

DokterSehat.Com– Meskipun jika sudah cukup parah bisa menyebabkan rasa nyeri, dalam realitanya banyak penderita penyakit ginjal yang tidak menyadari kedatangan dari penyakit ini dan baru mengetahuinya saat kondisinya sudah dalam kondisi parah atau mengalami gagal ginjal. Padahal, ada beberapa tanda yang sebenarnya bisa menandakan adanya gangguan pada organ yang berperan besar sebagai penyaring cairan di dalam tubuh ini.

Kebanyakan orang berpikir jika penyakit ginjal hanya akan menyebabkan sensasi nyeri pada pinggang atau pada saat buang air kecil. Padahal, bisa jadi gejala lain seperti pembengkakan pada wajah, kaki, serta tangan juga bisa menandakan kondisi ini. Memang, pembengkakan pada beberapa bagian tubuh ini juga bisa disebabkan oleh hal lain, namun, kita memang harus mewaspadai adanya kemungkinan gangguan pada ginjal.

Ginjal yang masih dalam kondisi sehat akan mampu menurunkan kelebihan cairan dan elektrolit sehingga keseimbangan cairan dan berbagai zat di dalam tubuh tetap terjaga. Sayangnya, fungsi ini tidak akan bekerja jika ginjal sudah rusak atau mengalami gangguan.

Cairan dan zat-zat lainnya yang sudah berlebihan tak lagi tesaring atau terbuang sehingga akhirnya menumpuk di dalam tubuh. Penumpukan inilah yang akhirnya menyebabkan pembengkakan pada bagian kaki, tangan, atau wajah.

Ginjal yang sudah mengalami kerusakan juga akan menyebabkan kadar protein di dalam urine saat buang air kecil sangat tinggi. Kondisi ini juga akan menyebabkan kadar albumin di dalam tubuh semakin rendah.

Kondisi ini akan memicu penurunan tekanan plasma koloid yang berimbas pada cairan tubuh yang tertahan di dalam tubuh dan akhirnya dialirkan ke jaringan otot. Hal inilah yang akhirnya membuat pembengkakan semakin parah.

Melihat adanya fakta ini, jangan sepelekan pembengkakan pada beberapa bagian tubuh, apalagi jika tidak ada penyebab yang jelas dan muncul dalam waktu yang lama. Segera periksakan kondisi ini untuk mengetahui dengan pasti apakah penyebabnya adalah masalah pada ginjal atau tidak.

Jika kita mampu mendeteksi adanya masalah ginjal dengan lebih dini, diharapkan proses penyembuhannya akan lebih baik untuk dilakukan sehingga bisa dipulihkan dan tidak menjadi semakin parah.