Terbit: 10 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Salah satu bagian tubuh yang paling penting adalah kaki. Jika sampai kaki kita mengalami masalah kesehatan, maka kita pun akan kesulitan untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Salah satu dari masalah kesehatan yang sayangnya sering menyerang kaki adalah pembengkakan.

Kaki Bengkak Seperti Ini? Waspada Asam Urat

Ada banyak sekali penyebab dari pembengkakan pada kaki. Salah satunya adalah penyakit asam urat. Sebenarnya, apa sih beda dari bengkak pada kaki yang disebabkan oleh asam urat dengan bengkak yang disebabkan oleh masalah kesehatan lainnya?

Jika pembengkakan pada kaki ini dipicu oleh asam urat, maka bagian persendian antar tulang pada kaki seperti tumit, pergelangan kaki, jari kaki, dan lutut terasa nyeri dan kaku. Selain itu, akan muncul sensasi kesemutan dan terbakar yang cenderung terus meningkat. Sensasi kesemutan dan terbakar ini disebabkan oleh terhambatnya aliran darah akibat semakin menumpuknya asam urat. Biasanya, sensasi ini awalnya hanya akan berada di bagian jari kaki dan kemudian menjalar sampai ke telapak kaki dan terus naik ke atas hingga ke bagian paha.

Ciri lain dari pembengkakan kaki yang disebabkan oleh masalah asam urat adalah munculnya warna kemerahan pada persendian. Jika sampai hal ini terjadi, maka penderitanya tentu sudah merasakan sensasi kesemutan atau terbakar. Dalam banyak kasus, penderita asam urat akan kesulitan untuk menggerakkan kakinya jika sudah sampai mengalami gejala ini.

Mengingat asam urat bisa sangat mengganggu kehidupan sehari-hari, penderitanya harus mengubah gaya hidupnya, khususnya dalam memilih makanan yang dikonsumsi demi mencegah penumpukan asam urat dalam persendian. Mereka juga sebaiknya memeriksakan kondisi ini ke dokter demi mendapatkan solusi kesehatan yang tepat demi mencegah gejala asam urat menjadi semakin parah.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi