Terbit: 9 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Sungguh malang nasib bayi yang baru saja dilahirkan di kawasan Xincai, Provinsi Henan, Tiongkok ini. Bayi yang diketahui berjenis kelamin laki-laki ini terpaksa harus diamputasi kakinya akibat kecerobohan perawat rumah sakit saat mengurusnya. Apa yang sebenarnya terjadi?

Dikeringkan dengan Hair Dryer, Kaki Bayi Ini Hangus

Dilansir dari Shin Min Daily News, kejadian mengenaskan ini bermula tatkala sang perawat baru saja memandikan sang bayi. Jika biasanya perawat mengeringkan badan bayi dengan handuk saja, perawat ini justru memakai pengering rambut atau hair dryer untuk mengeringkan kakinya. Tujuannya adalah agar kaki sang bayi lebih cepat mengering sehingga tidak kedinginan.

Saat itu, sang bayi sudah diletakkan kembali ke dalam inkubator. Nahas, perawat lupa mematikan pengering rambut ini hingga setidaknya satu jam lamanya. Karena terus terpapar panasnya pengering rambut, kaki sang bayi kemudian hangus terbakar. Cedera yang dialami sang bayi sangatlah parah sehingga dokter pun terpaksa mengamputasi kakinya.

Ibu dari sang bayi mengaku sangat terkejut dengan kejadian ini. Ia sangat sedih namun harus merelakan kondisi bayinya yang kini tak lagi memiliki kaki.

Sebagai informasi, sang bayi dilahirkan pada April 2018 lalu. Karena terlahir dengan kondisi prematur, ia harus ditempatkan selama 7 hingga 10 hari di inkubator. Hal ini membuat sang bayi berada dalam pengawasan penuh dari para perawat di rumah sakit. Khusus untuk sang perawat yang melakukan kesalahan fatal ini, ia mengaku bahwa saat itu ia juga harus merawat tiga bayi lainnya sehingga melupakan pengering rambut yang ditempatkan dekat dengan kaki bayi malang ini.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement

Belum jelas bagaimana nasib dari sang bayi yang kehilangan kaki ini. Pihak keluarga juga belum memutuskan akan melakukan tuntutan kepada perawat dan pihak rumah sakit atau tidak.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi