Terbit: 30 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Sobat Sehat pernah terkejut tatkala diklakson kendaraan lain di jalan raya? Suara klakson memang sering kita dengar saat melakukan perjalanan, khususnya di kota besar yang lalu lintasnya cukup padat. Yang tidak disangka adalah, sering mendengar klakson mobil ternyata bisa mempengaruhi kesehatan jantung kita dengan signifikan.

Sering Kaget Karena Klakson Mobil Berbahaya Bagi Jantung

Tak hanya suara deru mesin kendaraan yang bising, suara klakson ternyata bisa mempengaruhi emosi dan kesehatan psikologis. Bahkan, menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam jurnal The American College of Cardiology, dihasilkan fakta bahwa sering mendengar suara bising, termasuk suara klakson bisa meningkatkan risiko terkena penyakit jantung dan masalah kesehatan kardiovaskular lainnya.

Menurut para peneliti, sering mendengarkan suara keras, bising, dan mengejutkan bisa meningkatkan risiko terkena gagal jantung. Suara-suara ini terkait dengan tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, irama jantung yang tidak teratur, atau bahkan kenaikan gula darah. Berbagai kondisi ini disebabkan oleh kemampuan polusi suara yang meningkatkan hormon stres di dalam tubuh. Jika jumlah hormon ini berlebihan, maka pembuluh darah arteri dan jantung akan mendapatkan dampak buruk.

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa warga kota yang terbiasa bertahun-tahun mendengar kebisingan cenderung lebih rentan mengalami penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan diabetes jika dibandingkan dengan mereka yang tinggal di desa atau di wilayah dengan polusi suara yang sangat minim. Karena alasan inilah, warga kota yang terbiasa mendengar polusi suara sebaiknya rajin-rajin mengelola stres dalam tubuhnya demi mencegah kedatangan penyakit-penyakit mengerikan tersebut.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi