3 Manfaat Kafein Untuk Olahraga

doktersehat-kafein-olahraga
Photo Credit: Flickr.com/Jeffrey Davis

DokterSehat.Com– Apa yang Anda pikirkan saat mendengar kata kafein? Kebanyakan orang beranggapan bahwa kafein adalah zat yang ada pada minuman yang dapat mengatasi rasa ngantuk ya. Namun ternyata, kafein juga bermanfaat untuk tubuh saat berolahraga lho. Apa sajakah manfaatnya?

Kita biasanya hanya mengenal kafein ada pada kopi, padahal sebenarnya kafein juga ada pada cukup banyak jenis minuman alami seperti teh atau cokelat.

Tidak hanya ada pada minuman alami, namun kafein juga menjadi salah satu kandungan utama yang ada pada minuman olahraga atau camilan bar khusus olahraga lho. Hal ini tentu menunjukkan bahwa kafein adalah zat yang baik untuk olahraga ya.

Ini dia alasan mengapa kafein menjadi zat yang dipilih untuk aktivitas olahraga:

1. Kafein meningkatkan performa olahraga

Kafein telah banyak diteliti dan terbukti mampu meningkatkan fungsi kognitif dan saraf tubuh hingga mampu meningkatkan pelepasan hormon epinefrin. Hal ini yang menyebabkan kafein menjadi kandungan zat yang mampu meningkatkan kemampuan otot tubuh utamanya tangan dan kaki.

2. Daya tahan olahraga meningkat

Berkaitan dengan manfaat kafein pada poin sebelumnya. Kemampuan otot tubuh yang meningkat ternyata juga akan menyebabkan otot lebih kuat berkontraksi dalam berolahraga. Hal ini menyebabkan kita bisa mempertahankan daya tahan selama berolahraga.

3. Membakar lemak dan menekan rasa lelah tubuh

Tahukah Anda bahwa dengan mengonsumsi kafein sebelum berolahraga maka lemak yang dibakar dalam tubuh bisa lebih banyak? Ya, hal ini ternyata terbukti karena kafein yang meningkatkan kerja otot akan menyebabkan energi dari lemak dipecah lebih banyak.

Hal ini menyebabkan cadangan energi, berupa lemak dalam tubuh terbakar. Kondisi inilah yang menyebabkan tubuh menjadi cenderung tidak lelah karena asupan energi, selain cadangan, tidak terbuang sehingga tubuh tetap fit dan bertenaga saat berolahraga.