Terbit: 3 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Mom, apakah sahabat atau kerabat Anda baru saja melahirkan? Sebagai tanda ikut berbahagia dengan kelahiran si kecil, Anda tentu ingin menghadiahkan beberapa barang yang ia butuhkan. Namun kadang kita tidak tahu barang apa saja yang benar-benar dibutuhkan oleh ibu baru.

Kado yang Berguna bagi Ibu yang Baru Melahirkan

Daftar ide kado untuk ibu yang baru melahirkan

Sebenarnya, barang apa pun bisa jadi kado yang bermanfaat bagi ibu yang baru saja melahirkan. Agar kado tersebut pasti terpakai, Anda bisa menanyakan langsung apa yang dibutuhkan oleh ibu baru. Beberapa ibu baru lebih terbuka dan mau menyebutkan barang-barang apa yang ia butuhkan. Namun jika tidak mengetahui barang apa saja yang ia butuhkan, Anda bisa memberinya kado berikut ini:

1. Baju menyusui

Baju menyusui pasti diperlukan oleh ibu baru. Anda bisa memberinya baju dengan bukaan kancing depan atau ritsleting depan, baik itu baju menyusui untuk di rumah maupun baju menyusui untuk bepergian. Terkadang ibu baru terlalu fokus pada persiapan kelahiran bayi sehingga lupa menyiapkan kebutuhan dirinya.

2. Perlengkapan menyusui
Perlengkapan menyusui juga bisa menjadi kado yang bermanfaat bagi ibu baru. Anda bisa menghadiahkan pompa ASI, apron menyusui, bantal menyusui, botol-botol ASI, cooler bag, atau alat sterilisasi pompa dan botol ASI. Selain itu, bra menyusui dan breast pad juga bisa menjadi pilihan kado untuk melancarkan upayanya menyusui.

3. Voucher belanja
Jika Anda bingung ingin memberi kado apa, Anda bisa mempertimbangkan untuk membelikan voucher belanja baik di supermarket atau department store. Dengan begitu, ibu baru dapat membelanjakannya sesuai dengan kebutuhannya.

4. Popok bayi
Popok bayi merupakan salah satu kebutuhan utama bayi baru lahir. Anda bisa menghadiahkan baik popok sekali pakai maupun popok kain atau clodi yang dapat dicuci. Pilih popok khusus untuk bayi baru lahir agar tidak nyaman dikenakan dan tidak menimbulkan iritasi.

5. Mainan anak
Jika teman Anda melahirkan anak kedua, Anda bisa memberi hadiah mainan atau buku bagi anak pertama. Hal ini dapat mencegah anak pertama iri pada si kecil, serta membuat si kakak merasa diahrgai dan ikut senang dengan kehadiran adiknya.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi