Kacang Polong, Camilan Sehat Bagi Penderita Diabetes

kacang-polong-doktersehat
Photo Source: Flickr/haprog

DokterSehat.Com– Penderita diabetes harus menjaga pola makannya agar menjadi lebih sehat. Mereka juga harus memperhatikan camilan di antara waktu makan demi mencegah kenaikan kadar gula darah. Masalahnya adalah, cukup banyak camilan yang justru bisa membahayakan kondisi mereka. Beruntung, pakar kesehatan menyebut kacang polong bisa menyediakan banyak manfaat bagi penderita diabetes sehingga aman untuk dijadikan camilan.

Khasiat kacang polong bagi penderita diabetes

Pakar kesehatan menyarankan penderita diabetes untuk rutin makan kacang polong sebagai camilan demi mendapatkan manfaat kesehatan sekaligus mengendalikan kadar gula darah.

Berikut adalah manfaat kesehatan dari kacang polong yang bisa mereka dapatkan.

  1. Kacang polong rendah kalori

Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Departemen Pertanian Amerika Serikat, dihasilkan fakta bahwa di dalam 100 gram kacang polong terdapat 80 kalori saja. Hal ini bisa memberikan manfaat besar bagi penderita diabetes karena akan membantu mencegah asupan kalori berlebihan yang bisa mengacaukan kadar gula darah.

Asupan kalori yang terkontrol juga bisa membantu penderita diabetes menjaga berat badannya tetap ideal. Sebagai informasi, jika sampai berat badan penderita diabetes naik, risiko untuk mengalami komplikasi akan semakin meningkat.

  1. Kacang polong kaya kandungan kalium

Kalium ternyata memiliki peran besar dalam mencegah datangnya komplikasi pada penderita diabetes. Hal ini disebabkan oleh kemampuannya dalam menjaga tekanan darah tetap seimbang.

Sebagai informasi, salah satu komplikasi yang paling sering terjadi pada penderita diabetes adalah penyakit jantung dan pembuluh darah. Dengan adanya kandungan 244 mg kalium di setiap 100 gram kacang polong, maka kita bisa membuat tekanan darah tetap normal sekaligus mencegah datangnya penyakit kardiovaskular dengan efektif.

  1. Kacang polong kaya akan kandungan protein

Selain memperbanyak asupan makanan berserat, penderita diabetes juga diminta untuk memperhatikan asupan makanan berprotein. Beruntung, di dalam 100 gram kacang polong tersedia 5 gram protein yang bisa membantu penderita diabetes mengendalikan kondisi kesehatannya.

Keberadaan protein ini bisa mengendalikan nafsu makan penderita diabetes dan membuat mereka merasa kenyang lebih lama sehingga tidak akan mudah tergoda ngemil makanan yang tidak sehat. Hal ini tentu akan berperan besar dalam mencegah lonjakan kadar gula darah.

  1. Kacang polong tinggi kandungan serat

Di dalam 100 gram kacang polong tersedia 5 gram serat. Sebagaimana protein, kandungan serat ini bisa membantu penderita diabetes mengendalikan tekanan darah dan kadar gula darah dengan efektif. Rutin mengonsumsinya tentu akan mencegah datangnya komplikasi.

Manfaat lain rutin mengonsumsi kacang polong

Selain bisa memberikan manfaat kesehatan bagi penderita diabetes, pakar kesehatan menyebut kacang polong bisa memberikan dampak-dampak positif bagi kesehatan tubuh siapa saja.

Berikut adalah manfaat dari kebiasaan makan kacang polong.

  1. Baik bagi kesehatan pencernaan

Kandungan serat di dalam kacang polong yang cukup tinggi bisa membuat pencernaan menjadi lebih lancar dan sehat. Kita pun tidak akan mudah terkena gangguan pencernaan seperti sembelit.

  1. Tinggi kandungan zat besi

Kacang polong juga tinggi kandungan zat besi. Hal ini akan membantu mencegah datangnya anemia sekaligus menambah energi tubuh.

  1. Memperkuat sistem imun tubuh

Kacang polong juga tinggi kandungan vitamin C dan phytoalexins, sejenis antioksidan yang bisa memperkuat sistem imun tubuh sekaligus mencegah datangnya berbagai macam penyakit.

  1. Baik bagi kesehatan mata

Kacang polong tinggi kandungan karotin lutein yang bisa menurunkan risiko katarak dan penurunan fungsi penglihatan. Rutin mengonsumsinya bisa membuat mata semakin sehat.

  1. Baik bagi kesehatan kulit

Kandungan vitamin C yang tinggi bisa membantu kulit memproduksi kolagen dengan baik. Sel-sel kulit juga terlindungi dengan lebih baik sehingga akan mencegah datangnya penuaan dini dengan lebih baik.