Ternyata, Kacang Tidak Menyebabkan Jerawat

gambar-kacang-tanah-doktersehat

DokterSehat.Com– Salah satu camilan yang digemari oleh banyak orang adalah kacang. Rasanya yang renyah dan mengenyangkan memang cocok untuk dijadikan camilan saat mengobrol, menonton televisi, dan melakukan hal lainnya. Hanya saja, ada anggapan yang menyebut kacang bisa menyebabkan datangnya jerawat. Padahal, menurut pakar kesehatan, anggapan ini sama sekali tidak sesuai dengan fakta medis.

Kacang bukan penyebab datangnya jerawat

pakar kesehatan menyebut anggapan kacang dan makanan pedas menyebabkan jerawat tidak benar. Kandungan di dalam kacang dan makanan pedas tidak memberikan efek langsung pada risiko datangnya masalah kulit ini.

Bahkan, kacang sebenarnya kaya akan kandungan asam lemak omega tiga yang termasuk dalam lemak tak jenuh yang bersifat anti peradangan. Keberadaan kandungan ini justru akan membantu kita mencegah datangnya masalah kulit.

Meskipun begitu, kita juga harus memperhatikan proses pengolahan kacang. Jika kacang yang kita makan adalah kacang yang digoreng di dalam minyak, maka kita akan mengonsumsi lemak jenuh yang bisa mempengaruhi risiko jerawat.

Makanan-makanan yang justru sebaiknya kita waspadai karena bisa menyebabkan datangnya jerawat

Bukan kacang atau makanan pedas yang kita waspadai jika tidak ingin terkena jerawat, pakar kesehatan justru menyebut ada beberapa jenis makanan lain yang sering kita konsumsi namun ternyata bisa menyebabkan datangnya masalah kulit ini.

Berikut adalah makanan-makanan tersebut.

  1. Cokelat

Dikenal sebagai camilan yang bisa menghilangkan suasana hati yang buruk, cokelat sayangnya bisa menyebabkan datangnya jerawat, apalagi jika dikonsumsi dengan berlebihan. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan gula dan lemak di dalamnya.

Jika kita ingin menikmati cokelat tanpa perlu khawatir terkena jerawat, pakar kesehatan lebih menyarankan cokelat berjenis dark yang lebih sehat. Meskipun begitu, tetap saja kita harus membatasi konsumsinya agar tidak berlebihan.

  1. Keju

Keju jika dikonsumsi dengan berlebihan juga bisa menyebabkan datangnya jerawat. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan lemak di dalamnya yang bisa membuat produksi minyak alami kulit bisa meningkat.

  1. Kentang goreng

Kita sering menjadikan kentang goreng sebagai camilan saat berkumpul bersama dengan keluarga atau teman-teman. Sayangnya, dibalik kenikmatan dari camilan ini, ada banyak sekali dampak kesehatan yang bisa didapatkan jika berlebihan mengonsumsinya. Selain tinggi kalori sehingga bisa meningkatkan risiko terkena obesitas atau diabetes, kentang goreng juga bisa meningkatkan risiko terkena jerawat lho. Karena alasan inilah kita sebaiknya membatasi asupan camilan yang tergolong makanan cepat saji ini.

  1. Makanan dengan kadar gula tinggi

Makanan manis atau yang memiliki kadar gula tinggi ternyata bisa menyebabkan datangnya jerawat. Hal ini disebabkan oleh kemampuan gula dalam mengganggu produksi hormon insulin di dalam tubuh. Masalahnya adalah, terganggunya hormon ini bisa mempengaruhi datangnya jerawat.

  1. Minuman bersoda

Minuman bersoda juga tinggi kandungan gula sehingga bisa meningkatkan risiko datangnya jerawat. Selain itu, minuman bersoda juga bisa meningkatkan risiko terkena berbagai masalah kesehatan lainnya seperti diabetes, obesitas, dan lain-lain.

Selain karena kebiasaan pola makan yang kurang sehat, pakar kesehatan juga menyarankan kita untuk memperhatikan beberapa hal yang bisa memicu datangnya masalah kulit ini seperti faktor hormon, terjadinya penyumbatan akibat kotoran, hingga kurang baiknya kita merawat kesehatan kulit.

Khusus untuk faktor hormon, kita sebaiknya mewaspadai ketidakseimbangan hormon androgen yang bisa membuat produksi sebum atau minyak alami kulit meningkat. Jika sampai hal ini terjadi, risiko terkena jerawat bisa meningkat. Sementara itu, faktor terjadinya penyumbatan pada pori-pori kulit bisa disebabkan oleh kotoran, debu, hingga peralatan kosmetik. Jika ditambah denagn keberadaan bakteri P.Acnes dan kecenderungan kita untuk malas membersihkan kulit dengan baik, maka risiko terkena jerawat akan semakin meningkat.