Manfaat Kacang Hitam untuk Merawat Kesehatan Kulit

doktersehat-kacang-hitam-untuk-kesehatan-kulit
Photo Credit: Flickr.com/Whitney

DokterSehat.Com– Kacang-kacangan merupakan salah satu bahan alami yang mengandung banyak vitamin. Tidak heran jika kacang-kacangan banyak disarankan untuk menjaga kesehatan tubuh Anda, termasuk kulit. Nah, salah satu kacang yang dapat digunakan untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit adalah kacang hitam. Berikut sejumlah manfaat yang bisa didapatkan dari penggunaan kacang hitam, baik yang dikonsumsi secara langsung atau pun digunakan dalam bentuk skincare.

1. Mendetoksifikasi Kulit

Dilansir dari laman DIY Health Remedy, mengonsumsi kacang hitam dapat membantu mengeluarkan zat racun pada tubuh. Hal ini tentu saja akan membantu kulit semakin sehat. Apalagi sejumlah penyakit kulit yang ada disebabkan oleh darah yang kotor. Misalnya saja masalah ruam atau jerawat pada kulit yang disebabkan oleh kandungan lemak terlalu banyak.

2. Menjadikan Kulit Lebih Glowing

Manfaat lain yang Anda dapatkan dari kacang hitam adalah menjadikan kulit lebih glowing. Pasalnya kacang hitam diketahui mengandung zat besi. Sebagai tambahan informasi, zat besi dapat mengikat oksigen lebih banyak sehingga kulit terlihat lebih segar. Apalagi, kekurangan zat besi kerap menyebabkan anemia yang menyebabkan kulit pucat.

3. Mencegah Kanker Kulit

Sinar UV merupakan salah satu penyebab radikal bebas yang membahayakan kulit. Bahkan terlalu sering terpapar sinar UV dan bahan kimia dapat membuat kulit terserang kanker kulit. Namun jangan khawatir karena kacang hitam dapat mencegah kanker kulit. Hal ini disebabkan karena kacang hitam mengandung bahan anti kanker sehingga kulit akan lebih terjaga kesehatannya.

Kacang hitam merupakan salah satu bahan yang mudah untuk didapatkan. Tidak hanya aman digunakan, kacang hitam juga dapat digunakan untuk beragam jenis kulit. Apalagi kacang hitam juga mengandung nutrisi yang baik untuk kulit Anda.