Terbit: 23 Desember 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Kacang hijau dikenal luas sebagai salah satu bahan makanan yang kaya akan nutrisi. Di Indonesia, kacang hijau bisa dijadikan bubur, minuman lezat, hingga isian roti. Rasanya yang enak membuat banyak orang suka mengonsumsinya. Bahkan, di balik rasanya yang nikmat, kacang hijau juga dianggap sebagai bahan makanan yang bisa memberikan manfaat kesehatan, termasuk dalam hal menurunkan kolesterol.

Kacang Hijau Bisa Turunkan Kolesterol?

Cara kacang hijau menurunkan kolesterol

Laman kesehatan health line menyebut makan kacang hijau secara rutin mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dengan efektif. Mengonsumsinya juga akan membuat kita menurunkan risiko terkena penyakit jantung, kanker, dan diabetes. Sementara itu, para ahli dari American Heart Association menyarankan kita untuk mengonsumsi makanan dengan kadar kalium 4.700 mg setiap hari demi membuat kesehatan jantung meningkat dan menurunkan kolesterol. Beruntung, kacang hijau termasuk dalam makanan yang bisa memberikan asupan tersebut.

Dengan mengonsumsi kalium dalam jumlah yang cukup, maka tekanan darah juga akan ditekan dengan signifikan. Darah tidak akan mudah mengental dan peradangan pada pembuluh darah juga bisa dicegah.

Di dalam kacang hijau juga terdapat berbagai macam antioksidan yang baik bagi kesehatan seperti asam fenolik, asam caffeic, asam cinnamic, serta flavonoid. Berbagai kandungan antioksidan ini akan membuat tubuh tidak akan udah terkena dampak buruk dari radikal bebas, menurunkan risiko terkena peradangan, dan membuat sel-sel tubuh tetap dalam kondisi sehat.

Sebuah penelitian juga menghasilkan fakta bahwa mengonsumsi kacang hijau secara rutin akan menurunkan risiko terkena kanker paru dan kanker perut karena adanya kandungan antioksidan yang sangat tinggi di dalamnya.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

Hanya saja, pakar kesehatan juga menyebut konsumsi kacang hijau ini sebaiknya tidak dilakukan dengan cara menambahkan gula pada olahan dari bahan makanan ini.

Makanan lain yang direkomendasikan untuk mencegah kolesterol tinggi

Mengingat kolesterol tinggi bisa menyebabkan datangnya masalah kesehatan yang lebih serius seperti serangan jantung yang mematikan, ada baiknya kita mengonsumsi beberapa jenis makanan yang bisa mencegah kenaikan kolesterol atau membantu menurunkan kolesterol yang sudah tinggi.

Berikut adalah makanan-makanan tersebut.

  1. Gandum

Jika kita membahas makanan yang bisa menurunkan kolesterol. Hal pertama yang terpikir biasanya adalah gandum. Dalam realitanya, makanan yang terbuat dari bahan gandum utuh memang bisa membantu menurunkan kolesterol dengan signifikan. Sebagai contoh, jika kita rutin mengonsumsi sereal gandum atau oatmeal setiap pagi, maka kita akan mendapatkan 1 atau 2 gram serat larut. Kandungan inilah yang bisa membantu menurunkan penyerapan kolesterol dalam darah.

  1. Kacang-kacangan dan polong-polongan

Beberapa jenis kacang-kacangan dan polong-polongan seperti kacang merah, kacang hijau, kacang kedelai, kacang almond, kacang tanah, kacang kenari, dan lain-lain sangatlah disarankan untuk rutin untuk dikonsumsi jika kita ingin mencegah masalah kolesterol tinggi. Kandungan seratnya yang tinggi juga akan membuat proses penyerapan kolesterol dalam darah bisa ditekan.

  1. Ikan

Pakar kesehatan menyebut kebiasaan makan ikan dua atau tiga kali dalam seminggu sudah cukup untuk menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL dalam darah dengan efektif. Beberapa jenis ikan yang sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi demi mencegah masalah kolesterol adalah ikan tuna, ikan salmon, ikan haring, dan ikan air tawar karena memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang sangat tinggi.

  1. Minyak sayur

Alih-alih memakai minyak goreng biasa yang terbuat dari kelapa sawit, kita sebaiknya menggantinya dengan minyak sayur seperti minyak kanola atau minyak bunga matahari yang bisa mencegah kenaikan kadar kolesterol di dalam tubuh.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi