Minum Setelah Makan Kacang Bisa Menyebabkan Batuk?

doktersehat-kacang-tanah

DokterSehat.Com– Terdapat sebuah mitos yang dipercaya oleh masyarakat, yakni jika kita langsung minum setelah makan kacang tanah, maka kita akan mengalami batuk-batuk. Sebenarnya, apakah hal ini benar adanya?

Banyak orang yang yakin jika serpihan kacang dan kulit ari yang belum tentu telah dikunyah hingga benar-benar halus bisa memicu iritasi pada tenggorokan. Bahkan, jika kita kemudian minum air dingin setelah makan kacang, maka iritasi ini akan menjadi lebih parah.

Hanya saja, meskipun banyak orang yang meyakini mitos ini, pakar kesehatan menyebutkan bahwa minum air setelah makan kacang sepertinya tidak akan memberikan dampak apapun bagi kesehatan. Bahkan, meskipun kacang memiliki kandungan minyak, seharusnya kita tidak akan mengalami dampak apapun bagi tenggorokan setelah mengonsumsinya.

“Minum air setelah makan kacang tidak akan memberikan dampak apapun,” ucap dr. Rupali Datta dari Fortis Escort, New Delhi, India.

“Bahkan di ilmu Ayurveda (ilmu pengobatan tradisional di India), seharusnya tidak akan memberikan dampak apapun. Memang, di ilmu Ayurveda terdapat aturan yang menyarankan kita membatasi asupan minyak tertentu, tapi makan kacang atau minum air setelah makan kacang tidak akan memicu batuk-batuk,” ucap Yogi Anoop yang merupakan pakar ilmu Ayurveda dan Yoga.

Hanya saja, Yogi menyarankan kita untuk tidak mengonsumsi air dingin, apalagi air es karena kurang baik jika dibandingkan dengan air putih biasa apalagi air hangat. Langsung minum air setelah makan juga sangat tidak disarankan karena di dalam ilmu Ayurveda, ada baiknya kita menunggu sekitar 20 hingga 30 menit setelah makan.

Melihat adanya fakta ini, tak perlu khawatir jika memang ingin segera minum air setelah makan kacang. Hal ini seharusnya tidak akan memicu masalah batuk-batuk atau iritasi tenggorokan.