Kacamata Terapi: Jenis, Manfaat, dll

kacamata terapi-doktersehat

DokterSehat.Com – Kacamata adalah pilihan utama untuk mengatasi berbagai gangguan mata seperti rabun jauh dan rabun dekat. Selain menggunakan kacamata lensa, terdapat juga kacamata yang dikenal dengan sebutan kacamata terapi untuk menangani berbagai keluhan mata Anda. Ketahui apa itu kacamata terapi, jenis, manfaat, dll.

Apa Itu Kacamata Terapi?

Kacamata terapi adalah kacamata yang digunakan untuk mengatasi berbagai gangguan mata Anda seperti mata minus, mata rabun, dan silinder. Kacamata terapi berbeda dengan kacamata lensa. Kacamata terapi didesain khusus agar mata Anda fokus dan membantu kemampuan penglihatan Anda jadi lebih baik.

Kacamata terapi terbagi menjadi 3 jenis, yaitu:

  • Pinhole Glasses
  • Orthoptic Glasses

Kacamata terapi dipercaya dapat menyembuhkan penglihatan Anda kembali dan lebih efektif daripada kacamata lensa biasa, namun pernyataan ini pun masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

Apa Saja Manfaat Kacamata Terapi?

Beberapa produsen kacamata percaya bahwa manfaat kacamata terapi adalah untuk memperbaiki penglihatan seperti mengatasi rabun jauh, rabun dekat, katarak, silinder, distorsi kornea dan astigmatisme, namun belum ada bukti, penelitian, atau uji klinis untuk memverifikasi pernyataan tersebut secara medis.

Kacamata terapi mungkin membantu penglihatan Anda dalam beberapa kondisi tertentu, namun tergantung pada gangguan mata yang Anda alami serta perawatan kesehatan mata Anda sendiri.

Jenis Kacamata Terapi

Terdapat dua jenis kacamata terapi seperti yang sudah disebutkan, yaitu pinhole glasses dan orthoptic glasses. Ketahui lebih detail tentang kedua jenis kacamata terapi tersebut berikut ini:

  1. Pinhole Glasses

Apa itu pinhole glasses? Pinhole glasses atau yang disebut juga stenopeic glasses adalah kacamata hitam dengan lensa yang dipenuhi dengan lubang-lubang kecil di seluruh bagian lensanya.

Lubang-lubang kecil ini berfungsi untuk melindungi mata Anda dari paparan sinar matahari langsung dan membantu Anda untuk fokus melihat objek penglihatan dari cahaya yang dibatasi melalui lubang-lubang kecil tersebut. Saat Anda melihat cahaya yang fokus, maka penglihatan pun jadi lebih jelas.

Nah, apakah kacamata terapi benar-benar bisa mengobati semua gangguan mata? Ketahui manfaat pinhole glasses, berikut ini:

  • Pinhole Glasses untuk Mengatasi Rabun Dekat

Manfaat dari kacamata terapi pinhole glasses adalah untuk mengatasi rabun dekat, namun pembuktiannya pun masih belum bisa dipastikan.

Pasalnya kacamata pinhole malah akan menghalangi penglihatan jarak dekat Anda serta sangat tidak fungsional untuk digunakan sehari-hari jika Anda menderita rabun dekat.

  • Pinhole Glasses untuk Mengatasi Astigmatisma

Orang-orang juga menggunakan kacamata terapi pinhole untuk mengatasi astigmatisma atau silinder. Astigmatisma adalah kelainan penglihatan yang menyebabkan gangguan jarak pandang baik dekat maupun jauh.

Menggunakan kacamata terapi pinhole akan membatasi sinar matahari yang masuk dari lubang-lubang kecil sehingga cahaya yang masuk akan fokus Anda dapat melihat dengan lebih jelas. Namun, pembuktiannya pun masih diragukan karena ini malah membatasi pandangan Anda pada objek di depan Anda.

  • Pinhole Glasses untuk Mengatasi Rabun Jauh

Apakah kacamata terapi pinhole dapat menyembuhkan rabun jauh? Jawabannya masih belum dipastikan. Sampai sekarang penelitian masih terus dilakukan apakah kacamata terapi pinhole dapat memperbaiki penglihatan Anda secara efektif atau ini hanya menurut beberapa produsen kacamata saja.

Bila Anda mengalami gangguan mata rabun jauh, sebaiknya menggunakan lensa atau kontak lensa minus untuk membantu agar penglihatan Anda lebih jelas dalam kegiatan sehari-hari Anda. Anda juga dapat melakukan operasi mata untuk mengembalikan penglihatan Anda jadi normal, seperti operasi laser atau LASIK.

Baca Juga: Rabun Jauh: Penyebab, Gejala, Pengobatan, dan Pencegahan

Pinhole glasses memang digunakan dokter mata sebagai alat klinis untuk mendiagnosis kondisi mata tertentu agar penglihatan Anda menjadi lebih fokus, namun penggunaannya sebagai alat bantu penglihatan belum ada uji medis.

Pinhole glasses juga membatasi sebagian besar pandangan Anda, jadi jangan pernah menggunakan pinhole glasses untuk mengemudi, mengoperasikan mesin, atau kegiatan lain yang membutuhkan penglihatan jelas.

  1. Orthoptic Glasses

Orthoptic adalah perawatan pada kondisi mata tertentu untuk meningkatkan kinerja visual atau penglihatan Anda. Seorang ahli orthoptic disebut sebagai orthoptists. Seorang orthoptists menggunakan kacamata terapi yang disebut orthoptic glasses untuk memperbaiki penglihatan Anda.

Sebagai alat bantu penglihatan, orthoptic glasses diklaim dapat mengatasi penglihatan yang tidak fokus, ambliopia atau mata malas, mata juling, penglihatan ganda, serta berbagai gangguan mata lainnya, namun pembuktian dari manfaat orthoptic glasses ini masih minim uji medis.

Jika Anda ingin menggunakan orthoptic glasses, sebaiknya Anda konsultasikan dulu ke dokter spesialis mata atau memilih perawatan mata lainnya yang sesuai dengan kondisi Anda dan sudah teruji klinis.

Baca Juga: Mata Malas (Amblyopia): Penyebab, Gejala, Diagnosis, dan Pengobatan

Cara Merawat Kesehatan Mata

Terdapat banyak perawatan gangguan mata yang dapat Anda lakukan seperti menggunakan kacamata, kontak lensa, atau operasi mata, namun Anda dianjurkan untuk merawat mata agar gangguan mata tersebut tidak bertambah parah.

Berikut ini adalah cara merawat kesehatan mata, yaitu:

  • Konsumsi makanan yang mengandung sumber vitamin A, C, dan E, serta mineral zinc seperti wortel, brokoli, stroberi, dll.
  • Gunakan kacamata yang aman dan sesuai dengan gangguan mata yang Anda alami untuk membantu penglihatan Anda.
  • Beri mata Anda istirahat, terutama jika Anda menggunakan ponsel atau komputer dalam waktu yang lama.
  • Berhenti merokok karena merokok juga berpengaruh pada penurunan daya penglihatan mata.
  • Terapkan pola hidup sehat karena itu akan berpengaruh pada kesehatan mata dan seluruh tubuh.
  • Hindari kebiasaan buruk seperti mengucek mata secara berlebihan.
  • Anda dianjurkan untuk periksa mata secara berkala baik di optik atau dokter spesialis mata. Ketahui selengkapnya tentang cara menjaga kesehatan mata bagi orang yang berkacamata.

Nah, itulah cara merawat kesehatan mata yang harus Anda perhatikan. Mata adalah bagian terpenting dalam tubuh yang kadang disepelekan. Apapun perawatan mata yang Anda pilih, bila Anda ingin menggunakan kacamata lensa, kontak lensa, atau kacamata terapi, sebaiknya konsultasikan ke dokter spesialis mata terlebih dahulu.

 

 

Informasi kesehatan ini telah ditinjau oleh dr. Jati Satriyo.

 

 

Sumber:

  • Watson, Kathryn. 2018. Do Pinhole Glasses Help Improve Vision?. https://www.healthline.com/health/pinhole-glasses. (Diakses pada 8 Oktober 2019).
  • Roland, James. 2017. 10 Ways to Improve Your Eyesight. https://www.healthline.com/health/how-to-improve-eyesight.  (Diakses pada 8 Oktober 2019).
  • American Association of Certified Orthoptists. 2017. What is Orthoptics / Orthoptist?. https://www.orthoptics.org/what-is-orthoptics-orthoptist-.  (Diakses pada 8 Oktober 2019).