Terbit: 21 November 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Di Indonesia, penggunaan kaca mata hitam cenderung masih jarang dilakukan. Hanya saja, kini mulai banyak orang yang mulai menyadari pentingnya penggunaan kaca mata hitam saat berada di luar ruangan saat cuaca sedang sangat terik dan sinar matahari sedang silau. Hanya saja, apakah benar jika penggunaan kaca mata hitam bisa sebabkan masalah kekurangan asupan vitamin D?

Kaca Mata Hitam Bisa Picu Kekurangan Vitamin D?

Dampak Penggunaan Kaca Mata Hitam

Pakar kesehatan dr. Joseph Michael Mercola menyebut penggunaan kaca mata hitam sebenarnya sangat bermanfaat karena bisa membantu kita mencegah paparan radiasi sinar ultraviolet.

Dalam penelitian yang dilakukannya, disebutkan bahwa cahaya matahari memang bisa memberikan dampak besar bagi penglihatan. Sebagai contoh, paparan sinar UV dalam jangka waktu yang cukup lama sangat tidak disarankan, apalagi jika paparan ini di siang yang panas, terik, dan menyilaukan. Bahkan, jika di luar ruangan terdapat pantulan cahaya dari kaca, paparan sinar UV ini bisa naik hingga dua kali lipat.

“Paparannya ada yang langsung dari matahari dan ada yang dari pantulan kaca. Hal ini tidak baik bagi kondisi mata,” ucap peneliti lainnya dr. Stephen Foster.

Demi mengatasi paparan sinar UV ini, pakar kesehatan menyarankan kita untuk memakai kaca mata hitam. Bahkan, kini ada kaca mata yang memang didesain khusus demi menahan cahaya UV-A ataupun UV-B. Warna dari kaca mata ini juga tidak selalu harus hitam.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

Masalahnya adalah jika kita sudah memakainya di pagi hari, saat sinar matahari sebenarnya masih baik bagi kesehatan tubuh, maka bisa memberikan dampak kurang baik bagi penyerapan vitamin D. Pastikan untuk menikmati paparan sinar matahari dengan maksimal meskipun tentu saja kita tidak disarankan untuk melihat sinar matahari secara langsung.

Melihat fakta ini, tak perlu khawatir untuk memakai kaca mata hitam jika cahaya sedang sangat terik dan menyilaukan di siang hari. Efek buruk dari penggunaan kaca mata ini hanya terjadi jika kita memakainya di waktu yang tidak tepat atau dengan berlebihan.

Mengenal Beberapa Manfaat Penggunaan Kaca Mata Hitam

Pakar kesehatan menyebut ada beberapa manfaat dari penggunaan kaca mata hitam bagi kesehatan tubuh.

Berikut adalah manfaat-manfaat kesehatan tersebut.

  1. Menurunkan Risiko Kanker Kulit

Pakar kesehatan menyebut 10 persen dari total kasus kanker kulit di seluruh dunia ternyata terjadi di sekitar kelopak mata. Hal ini disebabkan oleh bagian kulit ini yang cenderung lebih sensitif dengan sinar matahari. Dengan memakai kaca mata hitam saat sinar matahari sedang sangat terik, maka kita pun bisa menurunkan risiko terkena kanker kulit.

  1. Mencegah Penyakit Mata

Paparan sinar matahari bisa memicu katarak atau photokeratisis. Masalahnya adalah kondisi ini bisa mempengaruhi penglihatan dengan signifikan, termasuk dalam menyebabkan rasa nyeri. Dengan memakai kaca mata hitam saat kita berada di luar ruangan, diharapkan hal ini bisa menurunkan risiko terkena masalah-masalah kesehatan tersebut.

  1. Mencegah Keriput

Paparan cahaya matahari secara langsung bisa saja meningkatkan risiko terkena keriput dan penuaan dini di sekitar mata. Kaca mata hitam bisa mencegahnya.

  1. Mencegah Migrain

Paparan cahaya matahari yang sangat kuat bisa menyebabkan sakit kepala atau migrain. Penggunaan kaca mata hitam bisa menurunkan ketegangan pada mata dan mencegah datangnya masalah kesehatan tersebut.

  1. Memberikan Perlindungan bagi Mata

Penggunaan kaca mata bisa memberikan perlindungan bagi mata dari debu, pasir, kotoran, dan berbagai hal lain yang bisa membuat mata sakit.

 

Sumber:

  1. Arbolario, Kristine. 2019. Do Sunglasses Harm The Eyes Or Protect Them?. medicaldaily.com/do-sunglasses-harm-eyes-or-protect-445299. (Diakses pada 21 November 2019).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi