7 Pilihan Jus Terbaik untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

jus-untuk-daya-tahan-tubuh-doktersehat

DokterSehat.Com – Musim hujan yang rawan menyebabkan penyakit. Hampir setiap hari hujan datang dan membuat udara menjadi saat dingin. Selain itu, beberapa saat sebelum hujan, udara menjadi sangat panas, sehingga perubahan yang terjadi mudah sekali membuat seseorang menjadi sakit karena daya tahannya anjlok. Salah satu solusinya adalah dengan meminum jus untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Kalau Anda termasuk orang yang mudah sekali sakit saat musim hujan, ada baiknya untuk menjaga daya tahan tubuh. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan rutin melakukan olahraga, makan yang teratur, dan mengonsumsi jus buah dan sayuran yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

Pilihan jus untuk meningkatkan daya tahan tubuh

Ada beberapa ide jus yang bisa Anda buat sendiri untuk meningkatkan daya tahan tubuh dengan cepat. Berikut beberapa pilihan kombinasi jus untuk meningkatkan daya tahan tubuh yang bisa Anda konsumsi sehari-hari:

  1. Apel, jeruk, dan wortel

Olahan jus pertama yang bisa dibuat kalau daya tahan sedang anjlok adalah jeruk, apel, dan wortel. Tiga bahan ini bisa dicampur dengan takaran sesuai dengan selera. Namun, Anda bisa menambahkan lebih banyak jeruk baik jenis keprok atau nipis lebih banyak karena mengandung cukup banyak vitamin C yang meningkatkan daya tahan tubuh.

Di dalam wortel yang ikut dicampur menjadi jus juga mengandung vitamin A, B-6, dan asam folat. Apel yang dimasukkan juga memberikan tambahan vitamin C dalam jumlah banyak dan memberikan rasa jus lebih nikmat. Saat membuat jus Anda bisa menyaringnya sebelum diminum atau diminum langsung dengan sisa ampas buah.

  1. Jeruk keprok dan jeruk bali

Jeruk bisa menjadi salah satu pilihan jus untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Perpaduan dua jenis jeruk ini akan memberikan banyak sekali manfaat pada tubuh. Melalui rasa asam manisnya saja kita sudah mendapatkan vitamin C. Selanjutnya, jeruk bali atau jenis grapefruit lain dengan warna merah juga mengandung vitamin A, asam folat, dan vitamin B-6. Jus ini bisa dibuat dahulu lalu disimpan di dalam kulkas agar nikmat saat dikonsumsi dalam kondisi dingin.

  1. Tomat

Tomat yang ada di pasaran ada dua, pertama tomat buah dan yang kedua tomat sayur. Untuk membuat jus pilih tomat buah yang besar dan memiliki warna merah. Rasa dari tomat ini cenderung lebih manis. Kalau rasa jus tidak terlalu manis bisa tambahkan gula rendah kalori atau apel. Dari jus ini Anda akan mendapatkan vitamin A, C, dan zat besar

  1. Buat bit, wortel, jahe, dan kunyit

Jus untuk meningkatkan daya tahan tubuh yang merupakan kombinasi dari buah dan herbal ini akan memiliki warna merah keunguan. Rasanya agak manis dan pedas akibat jahe. Setelah membuat jus ada baiknya disaring dahulu lalu disimpan di dalam kulkas sebelum dikonsumsi. Saat akan dikonsumsi Anda bisa menambahkan gula rendah kalori atau diminum langsung untuk memaksimalkan vitamin A, C. R. zat besi, dan kalsium.

  1. Mangga dan stroberi

Mangga dan stroberi memiliki jenis rasa yang sama, yaitu manis dan asam. Mencampur dua buah ini menjadi jus akan membuat Anda menikmati rasa nikmat meski tidak diberi gula atau pun susu. Kalau Anda ingin menambahkan probiotik agar vitamin A, C, E, dan folat lebih lengkap, campur dengan yoghurt tawar agar menjadi smooties. Anda juga bisa menyimpan jus untuk meningkatkan daya tahan tubuh ini di freezer agar menjadi semacam es krim.

  1. Stroberi, kiwi, dan mint

Campuran stroberi dan kiwi akan cenderung memberikan rasa asam. Selanjutnya pemberian mint akan memberikan rasa dingin yang lebih segar. Minuman ini mengandung vitamin A, C, dan B-6 yang cukup banyak. Selanjutnya seng, magnesium, dan folat untuk menunjang daya tahan juga cukup banyak. Anda bisa minum campuran ini secara langsung setelah dibuat agar kesegarannya tidak menurun.

  1. Bayam, mint, dan pepaya

Bayam mengandung zat besi yang baik untuk peredaran darah dan daya tahan. Selain itu, bayam juga bisa mendetoksifikasi usus agar lebih bersih. Pemberian pepaya digunakan untuk menambahkan vitamin A dan folat yang juga menyumbang daya tahan tubuh. Terakhir mint digunakan untuk memberikan efek dingin dan segar.

Jus untuk meningkatkan daya tahan tubuh ini dibuat untuk Anda yang kerap mengalami gangguan sembelit. Setelah minum jus tubuh juga menjadi lebih segar dan kenyang lebih lama.

Dengan mengonsumsi beberapa jenis jus di atas secara rutin vitamin dan mineral akan didapatkan oleh tubuh. Daya tahan tubuh bisa meningkat dengan cepat sehingga Anda jarang sekali mendapatkan sakit yang sangat menyiksa. Meski hanya flu dan batuk ringan saja, produktivitas bisa menurun.

Alasan memilih jus untuk meningkatkan daya tahan tubuh

Setelah mengetahui apa saja pilihan jus untuk meningkatkan daya tahan tubuh, mungkin Anda akan bertanya-tanya: kenapa harus jus? Anda disarankan untuk membuat dan mengonsumsi jus buah dan sayur karena beberapa alasan di bawah ini:

  • Dikonsumsi dalam bentuk segar dan baru saja dibuat sehingga kandungan vitamin dan mineralnya tidak hilang. Semua kandungan nutrisi dari buah dan sayuran bisa langsung didapatkan.
  • Mudah dibuat dan tidak membutuhkan kemampuan memasak yang tinggi. Cukup mencampur semua bahan yang dibutuhkan untuk mendapatkan jus yang nikmat dan bergizi.
  • Rasa dari jus cenderung nikmat karena banyak menggunakan buah. Kalau pun menggunakan sayuran hijau Anda bisa menyiasatinya dengan menambahkan buah yang manis atau perasa jeruk agar ada rasa asamnya.
  • Tidak memberikan efek samping pada tubuh selama tidak menggunakan gula pasir atau olahan manis lainnya yang tinggi kalori. Kalau Anda ingin jus yang manis ada baiknya untuk memilih buah yang manis atau memilih pemanis rendah kalori seperti stevia.
  • Mengandung banyak serat dan membuat Anda jadi kenyang lebih lama. Selain itu saat buang air besar, serat juga mencegah terjadi sembelit. Sembari mengonsumsi jus buah Anda juga bisa menurunkan berat badan.