Terbit: 5 Mei 2018
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Tahukah Anda bahwa pare bukanlah sayuran melainkan buah? Pare juga dikenal sebagai bahan untuk pengobatan. Jus pare adalah obat alami terbaik untuk diabetes. Meminum jus pare di pagi hari dengan perut kosong membantu menurunkan kadar gula darah dan mengurangi kemungkinan komplikasi kesehatan terkait diabetes seperti kenaikan berat badan, tekanan darah tinggi, penyakit jantung, kolesterol tinggi, dan sebagainya.

Jus Pare Baik untuk Diabetes dan Menurunkan Berat Badan

Jus pare mengandung segudang nutrisi penting, mulai dari zat besi, magnesium, kalium, dan vitamin C. Pare menjadi sumber serat makanan yang sangat baik, juga mengandung dua kali kadar kalsium, kalium dan beta-karoten.

Apakah jus pare baik untuk diabetes?

Pare mengandung setidaknya tiga zat aktif dengan sifat anti-diabetes, yang meliputi charantin yang memiliki efek penurun glukosa darah, vicine dan senyawa mirip insulin yang dikenal sebagai polipeptida-P. Zat-zat ini bekerja untuk membantu mengurangi kadar gula darah pada pasien diabetes, termasuk diabetes tipe 2.

Diabetes tipe 2 mengacu pada kondisi di mana tubuh tidak menghasilkan cukup insulin untuk berfungsi dengan baik atau sel-sel dalam tubuh tidak bereaksi terhadap insulin yang diproduksi. Diabetes tipe 1 terjadi ketika tubuh memproduksi lebih sedikit atau sama sekali tidak memiliki insulin sama sekali.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal Ethnopharmacolgy, seperti dilansir dari Boldsky, uji klinis selama 4 minggu menunjukkan bahwa 2000 miligram pare bila dikonsumsi secara teratur mengurangi kadar glukosa darah secara signifikan pada pasien diabetes tipe 2. Insulin berbasis tanaman di dalam pare membantu pasien diabetes tipe 1 juga.

Laporan lain yang diterbitkan dalam jurnal kimia dan biologi menunjukkan bukti bahwa pare meningkatkan peningkatan glukosa dan meningkatkan kontrol glikemik.

Jadi, berapa banyak jus pare untuk dikonsumsi setiap hari untuk diabetes?

Dosis harian jus pare yang direkomendasikan untuk diabetes dapat berkisar dari 50-100 ml jus per hari, 900 mg buah tiga kali sehari, 10-50 ml per hari.

Berikut, manfaat kesehatan lain dari jus labu pahit:

1. Pare menurunkan kolesterol buruk

Jus pare bersifat anti-inflamasi dan juga membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Ini secara signifikan mengurangi risiko serangan jantung dan stroke. Labu pahit juga membantu dalam menjaga tekanan darah dalam tubuh tubuh, karena kaya akan potasium, yang menyerap kelebihan natrium dalam tubuh.

2. Pare membersihkan hati

Jus dari pare membantu membersihkan usus Anda serta menyembuhkan banyak masalah terkait hati. Sebuah studi menemukan bahwa jus pare dapat mencegah gagal hati dengan memperkuat aktivitas antioksidan dari enzim di hati.

3. Pare meningkatkan kekebalan

Pare mengandung antioksidan untuk melawan infeksi bakteri dan virus, menyembuhkan alergi dan membantu meningkatkan penglihatan. Antioksidan kuat ini membantu mencegah kerusakan DNA oleh radikal oksigen berbahaya dan memastikan kelancaran fungsi sel. Pare juga memiliki sifat anti-karsinogen dan anti-tumor yang mengurangi risiko kanker prostat, kanker payudara dan kanker serviks.

4. Pare membantu menurunkan berat badan

Pare dikemas dengan vitamin, mineral, dan serat makanan. Serat makanan membantu meningkatkan gerakan usus, mencegah makan berlebih dan meningkatkan rasa kenyang. Juga, vitamin dan mineral yang ada dalam jus pare mempercepat proses metabolisme. Pare juga rendah kalori, lemak dan karbohidrat, sehingga membantu dalam penurunan berat badan.

5. Pare baik untuk mata

Minum jus pare setiap hari akan membantu mencegah masalah terkait penglihatan seperti katarak, karena memiliki senyawa seperti beta-karoten dan vitamin A yang sehat bagi mata Anda dan memperkuat penglihatan. Selain itu, jus labu pahit adalah obat rumah yang sangat baik untuk mengobati lingkaran hitam.

6. Pare meningkatkan kesehatan kulit dan rambut

Pare kaya antioksidan kuat dapat mencegah penuaan kulit dini dan mengurangi kerutan. Selain itu, membantu mengurangi jerawat, mengobati eksim, psoriasis dan melindungi kulit dari sinar UV yang berbahaya. Menerapkan jus labu pahit pada kulit kepala dapat menurunkan rambut rontok dan memutih pada rambut, juga mengobati ujung rambut bercabang dan kasar.

Berikut cara membuat jus pare untuk penyekit diabetes:

Bahan:

  • 1-2 labu pahit segar
  • ½ jeruk nipis
  • ¼ sendok teh bubuk kunyit

Sedikit garam

  • Metode:
    1. Cuci pare dan kupas kulitnya.
  • 2. Iris pare dan ambil kulit dan bijinya.
  • 3. Tambahkan setengah sendok teh garam ke dalam semangkuk air dan rendam pare di dalamnya selama 10 menit.
  • 4. Keluarkan potongan pare dan masukkan ke dalam blender. Tambahkan air ke dalamnya.
  • 5. Tuangkan jus ke dalam gelas, tambahkan garam, kunyit dan air jeruk nipis. Aduk rata sebelum minum.

Anda bahkan dapat menambahkan sejumput lada hitam dan jahe untuk mengurangi rasa pahit.

Perlu dicatat! minumlah jus pare secukupnya, karena mengonsumsi berlebihan jus pare dapat menyebabkan sakit perut dan diare. Bagi Wanita hamil harus menghindari terlalu banyak minum jus pare, karena dapat menstimulasi uterus dan menyebabkan persalinan prematur.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi