Ragam Manfaat Jus Karela untuk Kulit

jus-pare-doktersehat-1
Photo Credit: Flickr.com/Mike Licht

DokterSehat.Com– Karela atau yang lebih dikenal oleh masyarakat Indonesia dengan nama pare merupakan salah satu buah yang kerap dihindari banyak orang. Hal ini berkaitan dengan rasa pahit dari daging buah pare yang terlalu kuat. Kendati demikian, olahan jus dari buah pare ternyata mengandung beragam vitamin dan mineral yang sangat penting dan dibutuhkan oleh kulit. Tidak heran jika selain dikonsumsi, jus pare atau Karela ini kerap digunakan sebagai bahan perawatan kulit secara alami.

1. Mengencangkan Kulit

Dilansir dari laman NDTV, jus Karela atau pare ini mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Antioksidan merupakan salah satu zat aktif yang sangat berperan dalam menjaga kesehatan kulit, terutama dalam menangkal dampak buruk radikal bebas. Sebagai tambahan informasi, radikal bebas memicu proses oxidative stress yang kerap menjadikan kulit cepat berkeriput, kusam dan mengendur. Mengaplikasikan atau pun mengonsumsi jus Karela dapat melindungi kulit dan meningkatkan kekuatan imunitas sel kulit secara optimal. Kondisi yang demikian akan menjaga kulit tetap kencang dan tampak lebih awet muda.

2. Mengatasi Jerawat

Siapa yang akan menyangka ternyata Anda yang memiliki kulit rentan berjerawat juga dapat menggunakan jus Karela. Kandungan vitamin dan mineral yang ada di dalam jus Karela akan mempercepat proses penyembuhan kulit. Apalagi sejumlah mineral juga dikenal sebagai zat anti peradangan yang membantu meredakan jerawat. Lebih lanjut, kandungan vitamin pada jus Karela akan menutrisi dan mengembalikan kesehatan kulit. Bahkan, mengonsumsi jus Karela dapat membantu Anda memudarkan bekas jerawat.

3. Menjaga Kelembapan Kulit

Siapa yang akan menyangka jika jus Karela juga ampuh dalam menjaga kelembapan kulit. Kondisi yang demikian tentu sangat menguntungkan Anda. Apalagi kulit yang lembap merupakan kunci dari kesehatan kulit dan akan menghindarkan dari sejumlah masalah. Sebut saja seperti eksim dan psoriasis.

Bagi Anda yang tertarik menjajal khasiat dari jus Karela, dapat mengobsumsinya secara rutin. Bisa juga dengan menggunakan jus Karela sebagai bahan perawatan kulit secara alami. Anda juga dapat mengombinasikan jus Karela dengan bahan-bahan lainnya untuk mendapatkan hasil yang lebih beragam.