Mudah Dibuat, Ini 3 Jus Buah yang Ampuh Sembuhkan Batuk

doktersehat jus buah
photo credit: Pexels

DokterSehat.Com– Buah apa yang biasanya Anda konsumsi saat sedang mengalami batuk? Kebanyakan orang umumnya justru menghindari konsumsi buah saat sedang batuk, ya.

Buah kerap dianggap sebagai salah satu penyebab terjadinya batuk karena dinilai memiliki kandungan gula tinggi atau getah yang cukup banyak.

Padahal, beberapa jenis buah justru dianjurkan dikonsumsi saat sedang mengalami batuk, karena telah terbukti manfaat dan khasiatnya dalam membantu proses penyembuhan batuk, lho.

Manfaat buah dalam menyembuhkan batuk

Buah yang dianggap jadi penyebab batuk ternyata bisa memberikan manfaat untuk mendukung penyembuhan batuk.

Hal ini disebabkan buah memiliki beberapa jenis zat atau jenis gizi tertentu yang mampu mendukung penyembuhan, melalui fungsi zat yang menyembuhkan atau manfaat dari vitamin yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh.

Akan tetapi, buah yang dipilih tentu bukan buah sembarangan.

doktersehat-batukSelain memiliki zat dan gizi tertentu, buah yang sebaiknya dikonsumsi saat sedang batuk adalah buah yang telah sebaiknya telah matang sempurna.

Anda perlu memastikan buah matang sempurna dengan memerhatikan tampilan fisik, tingkat kematangan, aroma dan rasa matang alami pada buah.

Hal ini penting agar dapat mencegah terjadinya batuk yang lebih parah, karena zat atau enzim tertentu pada buah yang belum sepenuhnya matang, justru rentan menyebabkan batuk.

Selain itu, agar manfaat buah dalam menyembuhkan batuk dapat dikonsumsi maksimal, buah boleh dikonsumsi dalam bentuk jus, atau minuman buah alami, hal ini akan mampu mendukung konsumsi dan penyerapan buah lebih maksimal.

Lantas buah apa saja yang ampuh menyembuhkan batuk?

Berikut beberapa jenis buah yang bisa menyembuhkan batuk:

1. Buah nanas

Tidak hanya enak dikonsumsi sebagai buah potong segar, buah nanas yang diolah sebagai jus atau smoothies bisa memberikan manfaat untuk menyembuhkan batuk.

Hal ini disebabkan, buah nanas memiliki kandungan zat bromealin yang bisa mendukung penyembuhan batuk.

doktersehat-nanas-jus-buahHealthline menyebutkan bahwa kandungan bromelain, yang ada pada nanas, bisa membantu meredakan gejala batuk karena mampu mendukung terbentuknya kondisi tenggorokan yang lebih sehat, dengan cara mengurangi terbentuknya dahak atau mendukung optimalisasi kelembaban tenggorokan yang lebih baik.

Mengolah nanas sebagai jus buah bisa memberikan asupan bromealin yang lebih banyak, karena bagian tengah buah nanas, yang banyak mengandung bromealin, bisa ikut Anda konsumsi.

2. Buah lemon

Anda gemar mengonsumsi jus atau air perasan lemon? Minuman yang sederhana dan cukup mudah dibuat ini, ternyata juga super ampuh meradakan batuk.

doktersehat-bahaya-minum-lemon
Photo Credit: Flickr.com/Rob Bertholf

Hal ini disebabkan kandungan vitamin C yang tinggi serta efek relaksasi yang diperoleh setelah mengonsumsi air lemon.

Anda bisa mengonsumsinya dalam suhu hangat dengan menambahkan beberapa bahan alami lainnya, misalnya madu atau kayu manis. Tentu minuman dari lemon tersebut sangat nikmat dan sehat diminum saat sedang batuk, bukan?

3. Anggur

Buah anggur merupakan salah satu jenis buah yang cukup padat gizi. Buah yang memiliki cukup banyak jenis dan warna ini, memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, baik pada daging, kulit, buah dan bijinya, sehingga bisa efektif menyehatkan tubuh dan bisa mendukung sel organ dan sistem tubuh lebih menjadi lebih optimal.

doktersehat-kismis-liver
Photo Credit: migle

Anda bisa mengonsumsi anggur dalam bentuk segar, maupun anggur kering atau kismis untuk memperoleh manfaat penyembuhan batuk yang optimal.

Membuat jus dari kismis, menambahkan kismis pada jus buah lain atau memilih kismis sebagai toping makanan dan minuman harian, bisa Anda pilih sebagai alternatif jus atau sajian dari kismis yang mampu mendukung penyembuhan batuk dengan maksimal.