Mengapa Jus Buah Kemasan Dianggap Tidak Sehat?

jus_jeruk_dingin_beku_doktersehat_1
Photo Source: Flickr/Marco Verch

DokterSehat.Com– Bahasan susu kental manis yang dianggap sebagai minuman tidak sehat jika dikonsumsi dengan berlebihan melebar ke minuman manis lainnya, termasuk jus buah kemasan. Meskipun jus buah dianggap sebagai minuman yang baik bagi kesehatan, mengapa jus buah kemasan justru dianggap sebaliknya? Berikut adalah alasannya sebagaimana dikutip dari NY Times.

Masyarakat Amerika Serikat hobi mengonsumsi jus buah kemasan. Rata-rata, orang dewasa disana mengonsumsi 6,6 galon jus buah kemasan setiap tahunnya. Anak-anak juga mengonsumsinya rata-rata 10 ons per hari, dua kali lipat dari batasan yang ditetapkan American Academy of Pediatrics.

Meskipun terlihat seperti minuman sehat, pakar kesehatan menyebut jus buah kemasan bisa memicu kenaikan berat badan. Bahkan, kasus obesitas yang semakin meningkat di Negeri Paman Sam ini dianggap ikut dipengaruhi oleh konsumsi jus buah kemasan yang sudah sangat berlebihan.

Dalam sebuah penelitian, ditemukan fakta bahwa terdapat 10 sendok teh gula pada setiap 12 ons jus jeruk kemasan. Hal ini berarti, jumlah gula dalam jus kemasan hampir sama dengan sebotol kola. Selain itu, mengonsumsi jus buah kemasan juga tidak bisa disamakan dengan mengonsumsi buah segar karena hal ini justru bisa meningkatkan risiko terkena diabetes.

Jus buah kemasan kaya akan kandungan gula dan kalori, namun rendah serat yang seharusnya membantu kita kenyang dengan lebih cepat. Fakta ini terungkap dari penelitian yang dilakukan oleh Julie Flood-Obbagy dan Barbara Rolls yang justru menghasilkan fakta bahwa setelah mengonsumsi jus apel, kita justru merasa lapar dan ingin mengonsumsi makanan berkalori dalam jumlah yang lebih banyak, termasuk camilan yang tidak sehat.

Jus juga dianggap sebagai penyebab anak-anak mengonsumsi minuman manis, termasuk soda, di usia muda. Dalam sebuah penelitian, disebutkan bahwa rutin minum jus buah kemasan bisa meningkatkan berat badan, memicu stunting pada anak-anak, masalah gigi berlubang, hingga memperburuk tekanan darah dan kolesterol.

Jika ingin mengonsumsi jus, ada baiknya kita membuatnya sendiri dan tidak menambahkan gula agar tetap bisa menambahkan manfaat sehatnya, bukannya mengonsumsi jus buah kemasan yang tidak sehat bagi tubuh kita.