Terbit: 15 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Sudah menjadi rahasia umum jika kolesterol tinggi termasuk dalam masalah kesehatan yang sering dialami masyarakat Indonesia. Yang menjadi masalah adalah, masalah kolesterol tinggi bisa berlanjut menjadi kondisi kesehatan yang serius lainya seperti penyakit jantung dan stroke. Karena alasan inilah jika setelah pengukuran kolesterol dihasilkan bahwa kadar kolesterol dalam tubuh kita cukup tinggi, ada baiknya kita berusaha untuk menurunkannya.

Jus Buah Bisa Atasi Kolesterol?

Yang menjadi masalah adalah, menurunkan kolesterol bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan, apalagi jika kita cenderung menerapkan pola makan yang tidak sehat, malas berolahraga, kurang tidur, dan mudah stres. Kita tentu harus mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat dan mulai mengonsumsi beberapa jenis minuman yang bisa menurunkan kolesterol dalam tubuh.

Minuman pertama yang bisa kita konsumsi untuk mengatasi kolesterol adalah perasan air jeruk nipis. Jika kita mengonsumsi minuman yang kaya akan flavonoid dan anti oksidan ini setiap pagi dan malam, maka kadar kolesterol di dalam darah bisa ditekan. Minumlah air perasan jeruk nipis yang berada dalam kondisi hangat dan jangan tambahkan dengan bahan lainnya seperti gula agar bisa mendapatkan manfaatnya secara maksimal.

Beberapa jenis jus buah seperti jus anggur dan jus jambu merah ternyata juga dipercaya ampuh menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Kandungan flavonoid, piceatanol, dan resveratrol di dalam anggur yang bisa berperan sebagai antioksidan bisa membantu penurunan kadar kolesterol. Sementara itu, di dalam jus jambu merah terdapat berbagai antioksidan, fitonutrien, vitamin A, B3, B6, C dan kalium yang juga bisa menekan jumlah kolesterol dalam tubuh.

Hanya saja, pastikan untuk memperbaiki gaya hidup secara keseluruhan agar bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh dan tidak hanya mengandalkan minuman sehat ini.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi