Terbit: 1 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Perut yang membuncit tentu merupakan kondisi fisik tubuh yang sangat menganggu, ya. Tidak hanya bisa merusak penampilan, namun perut buncit juga merupakan salah satu faktor risiko yang bisa meningkatkan risiko berbagai penyakit.

Atasi Buncit dengan 3 Jus Buah yang Jitu Buang Lemak di Perut

Ada banyak cara yag bisa dilakukan untuk mengatasi perut buncit, selain membentuk pola makan yang sehat, pemilihan makanan yang tepat, serta melakukan olahraga yang terpusat di sekitar otot perut, memilih minuman juga bisa menjadi cara yang ampuh mengatasi perut buncit.

Jus buah sebagai salah satu minuman sehat merupakan salah satu jenis minuman yang bisa dijadikan salah satu senjata untuk mengatasi perut buncit.

Penasaran bagaimana cara memilih jus dan apa jenis jus yang bisa mengatasi perut buncit? Yuk, sama-sama kita simak penjelasannya di bawah ini!

Manfaat jus untuk mengurangi lemak di perut

Pakar gizi dan kesehatan dari Liverstrong, Jill Corleone, menyebutkan bahwa jus bisa jadi salah satu sajian yang bisa mengurangi lemak pada perut, asalkan dipilih dengan cara yang tepat. Mengapa bisa demikian?

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

Jus kerap disajikan dengan banyak gula, misalnya jus dari buah yang terlalu matang, jus dengan tambahan krimer kental manis, atau es krim. Selain itu membuat buah menjadi jus juga rentan mengurangi kandungan seratnya.

Untuk itu, pemilihan jenis jus yang mampu mengurangi lemak diperut, sebaiknya adalah jus yang:

  • Rendah kandungan gula
  • Kaya serat, dan
  • Memiliki kandungan fitonutrien tertentu, yang bisa mendukung pembuangan lemak.

Umumnya kandungan tersebut bisa dengan mudah diperoleh dari jus yang terbuat dari sayuran, misalnya jus dari bayam, jus kale, jus timun, atau jus seldri.

Akan tetapi, ada beberapa jenis buah yang memiliki manfaat yang bisa mendukung berkurangnya lemak perut dengan maksimal.

Jenis jus buah untuk mengurangi lemak pada perut

Berikut 3 jenis jus buah yang bisa mengurangi lemak pada perut dan mengatasi perut buncit:

1. Jus ceri

Jika biasanya Anda hanya menggunakan ceri sebagai hiasan pada kue tar, maka kini jadikan buah ceri sebagai bahan baku jus buah Anda.

Sebuah studi tahun 2009 yang dipublikasikan oleh Journal Medicinal Food menyebutkan bahwa pemberian buah ceri pada hewan uji terbukti efektif menurunkan kadar lemak total dalam tubuh. Hal tersebut menunjukkan adanya hubungan antara konsumsi buah ceri dengan pengurangan kadar lemak tubuh, termasuk lemak pada bagian perut.

Anda bisa mengonsumsi 1 porsi jus ceri, setara dengan 5-6 sendok makan buah ceri, sebanyak 3-4 kali dalam seminggu untuk mengurangi lemak pada perut. Tidak perlu menambahkan pemanis, pilih saja buah ceri yang sudah matang sempurna, ya.

2. Jus buah delima

Photo Source: Flickr/ancientartpodcast

Buah delima memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan, mengurangi lemak perut, hingga penurunan berat badan.

Kandungan antioksidan yang lengkap dan cukup banyak pada buah delima mampu memberikan manfaat untuk melancarkan pencernaan, sehingga proses pembuangan atau detoksifikasi dalam tubuh menjadi lebih maksimal.

Buah delima juga banyak diteliti manfaatnya untuk mengatasi kegemukan dan memberikan efek yang cukup efektif.

Usahkan buat minuman atau jus dari buah delima segar, jika memilih minuman delima dalam kemasan, maka pastikan kandungan gulanya rendah atau bebas gula.

3. Jus apel dan buah beri

Selain dua jus buah di atas, kombinasi jus yang satu ini juga memiliki kandungan zat yang cukup lengkap. Apel memiliki kandungan serat yang tinggi, sedangkan buah beri, misalnya stroberi, arbei, bluberi atau blackberi, memiliki kandungan antioksidan yang mampu melancarkan metabolisme tubuh.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi