Mengapa Junk Food Bisa Sebabkan Diabetes?

burger-cepat-saji-doktersehat

DokterSehat.Com– Kebanyakan orang berpikir jika diabetes disebabkan oleh konsumsi makanan dan minuman yang memiliki rasa yang manis. Padahal, makanan dengan rasa lainnya juga bisa menjadi penyebabnya. Pakar kesehatan bahkan menyebutkan bahwa salah satu makanan yang disukai oleh generasi muda, yakni junk food atau makanan cepat saji ternyata juga bisa menyebabkan diabetes. Kok bisa?

Dilansir dari Asian Town, saat kita mengonsumsi makanan cepat saji layaknya burger atau sosis sekali saja, maka risiko untuk terkena diabetes sudah bisa meningkat. Risiko penyakit lain seperti stroke, kanker, dan penyakit liver juga ikut meningkat. Hal ini disebabkan oleh kandungan di dalam makanan cepat saji yang mampu menyebabkan kerusakan pada organ dan sistem tubuh, termasuk sistem kekebalan tubuh.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di German Diabetes Center yang ada di kota Dusseldorf, disebutkan fakta bahwa pria dengan usia 20-40 tahun yang suka mengonsumsi lemak jenuh, kandungan yang bisa ditemukan dalam makanan cepat saji, cenderung mengalami penurunan kadar insulin dalam tubuh dengan signifikan. Padahal, insulin ini sangatlah penting dalam mengendalikan kadar gula dalam darah. Hal ini akan membuat kesehatan hati memburuk dan akhirnya memicu datangnya diabetes.

“Tak hanya orang yang gemuk, mereka yang ramping namun suka mengonsumsi junk food juga akan mengalami peningkatan risiko terkena diabetes,” ucap Prof. Michael Roden dalam penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Clinical Investigation.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang kita tidak terlalu sering mengonsumsi junk food demi mencegah datangnya penyakit, termasuk diabetes.

Halo, Teman Sehat!

Anda diundang ke #AksiSehatCeria bersama DokterSehat di Ciputra Medical Center, Lotte Shopping Avenue Lt. 5, Jakarta Selatan pada hari Sabtu, 15 September 2018 pukul 10.00 – 13.00 WIB.

Yuk, datang dan ikut donor darah + health talk*, lomba blog berhadiah jutaan rupiah, dan dapatkan merchandise keren. GRATIS!

*Registrasi: http://bit.ly/AksiSehatCeria