Jika Vagina Anda Mengalami 3 Gejala ini, Maka Segeralah Pergi ke Dokter!

dokterseat mengencangkan vagina

DokterSehat.Com– Vagina merupakan salah satu organ vital yang sangat sensitif. Sebab, vagina sangat mudah terserang bakteri dan akhirnya menimbulkan penyakit yang tidak bisa disepelekan. Kesehatan vagina sangat penting dan harus dijaga, sebab jika tidak akan berdampak ke hal yang lebih berbahaya, misalnya kanker serviks dan jenis penyakit lainnya.

Tapi dari banyaknya keluhan pada vagina, tidak sedikit wanita yang mengabaikannya dan menganggap keluhan tersebut adalah normal serta tidak berbahaya. Padahal, ada beberapa gejala keluhan yang terkesan wajar, tapi sangat berbahaya jika dibiarkan. Apa saja gejala tersebut?

1. Keputihan Berwarna

Keputihan memang normal dan wajar dialami oleh sebagian besar wanita. Keputihan sendiri bisa dikarenakan tidak normalnya hormon, atau juga bisa dikarenakan infeksi dari jamur serta bakteri. Jika cairan keputihan yang keluar berwarna bening, maka Anda tidak perlu mengkhawatirkannya. Tapi jika cairan keputihan sampai berwarna, maka itu adalah sebuah gejala yang harus segera ditangani oleh tim medis agar tidak terjadi kemungkinan buruk.

2. Selalu Kering

Kondisi vagina yang kering memang sangat membuat tidak nyaman. Terlebih jika sedang melakukan hubungan seksual, maka akan memberikan rasa nyeri dan sensasi panas layaknya terbakar. Vagina kering bisa terjadi karena perubahan hormon, iritasi, efek obat, ataupun kurangnya nutrisi. Namun, ketika kekeringan tersebut datang dengan waktu yang cukup lama, maka Anda harus waspada dan segera mengatasinya dengan cara  konsultasi ke dokter. Sebab, gejala itu bisa saja menjadi salah satu gejala infeksi rahim yang cukup mengkhawatirkan.

3. Aroma Tak Sedap

Gejala ini memang terkesan biasa saja, sebab vagina kadang mengeluarkan aroma tak sedap. Tapi jika aroma tak sedap tersebut bertahan lama, walau sudah diberi obat, maka Anda harus segera memeriksakan diri ke dokter. Bisa jadi, vagina Anda telah terjangkit bakteri berbahaya, misalnya sel mikroskopis yang bernama trichomoniasis. Dan tak hanya itu, masih banyak kemungkinan lain yang menyebabkan aroma vagina selalu tak sedap.