Jika Anda Pengidap Diabetes, Ini Caranya Pesan Makanan di 8 Jenis Restoran

tips-diet-makan-di-restoran-doktersehat
Photo Credit: flickr/ Sebastiaan ter Burg

DokterSehat.Com– Bila Anda menderita diabetes, makan di luar bisa tampak lebih rumit dari yang dibayangkan. Tapi itu tidak harus terjadi. Menurut seorang penulis yang berhubungan dengan diabetes, Jill Weisenberger, penderita diabetes dapat menikmati hampir semua jenis restoran. Kuncinya adalah tetap berpegang erat pada rencana makan Anda yang biasa.

Photo Credit: flickr/ Sebastiaan ter Burg

Seperti diterbitkan Prevention, begini caranya bagi pengidap diabetes agar tetap bisa makan di berbagai jenis restoran:

1. Jika Anda makan Pizza
Khawatir akan diabetes Anda saat pergi ke restoran pizza? Makanlah satu potong pizza tipis dan Anda akan meringankan jumlah karbohidrat, sepertiga dibandingkan dengan irisan biasa. Jika satu irisan terlalu minim, baiknya menambahkan banyak serat seperti sayuran cincang.

2. Jika Anda menyantap makanan Italia
Mengingat pasta itu dikemas dengan karbohidrat, mungkin bukan ide terbaik untuk menjadikannya makanan utama Anda. Hanya satu pesanan spaghetti dan bakso dengan mudah bisa mengemas 150 gram karbohidrat.

Itu tidak berarti Anda harus bebas 100 persen tanpa pasta. Baiknya memesan pasta sebagai lauk dan membatasi porsi Anda sampai setengah cangkir, atau seukuran bola tenis. Sandingkan dengan kerang daing ayam atau cumi bakar.

3. Jika Anda menyantap makanan Cina
Jika Anda makan makanan Cina, kemungkinan ada nasi di piring Anda. Dan jika nasi itu putih, bersiaplah untuk lonjakan gula darah utama. Beras putih sangat merugikan sehingga satu penelitian menemukan bahwa untuk setiap orang makan nasi per hari, risiko terkena diabetes tipe 2 melonjak sebesar 11 persen.

Makananlah makanan Cina tanpa nasi, ganti dengan setengah cangkir cokelat. Ini adalah sumber magnesium yang baik, mineral yang membantu tubuh Anda menggunakan insulin secara lebih efisien. Makanlah sup panas dan asam atau kue kukus, seperti soto atau ikan kukus dan sayuran.

doktersehat-mie-bakmi-makan
4. Jika Anda pergi untuk: Jepang
Sushi mungkin tampak seperti permainan yang adil, tapi ingat: terbungkus nasi. Keju beras merah bisa menjadi opsi yang lebih baik, tapi Anda tetap ingin terus menghitung karbohidratnya. Satu-satunya cara untuk mengetahui pasti adalah memilih restoran yang membuat statistik gizi mereka tersedia. Jika itu tidak mungkin, tetapkan dengan potongan kecil sebanyak enam bagian, atau lebih baik lagi, pilihlah pesanan sashimi bebas karbohidrat dengan sisi edamame untuk mendapatkan protein penyingkat gula darah yang sehat.

5. Jika Anda menyantap makanan Meksiko
Anda tahu tortilla raksasa yang digunakan restoran Meksiko untuk membungkus burrito Anda? Masing-masing berisi 50 gram karbohidrat. Dan itu bahkan tidak menghitung tambahan 40 gram yang akan Anda dapatkan dari beras yang mengenyangkan.

Mengapa tidak melewatkan tortilla dan nasi sepenuhnya dan mencoba mangkuk burrito kaya kacang? Kacang memiliki indeks glikemik rendah, yang berarti mereka perlahan dicerna sehingga tidak menyebabkan gula darah Anda meroket. Itu sangat membantu gula darah sehingga satu penelitian baru-baru ini menemukan orang-orang yang makan secangkir kacang dalam sehari selama tiga bulan mengurangi gula darah.

Jika mangkuk burrito bukan makanan Anda, cobalah ikan bakar atau makanan ayam panggang, dan mintalah tortilla jagung. Makanan ini memiliki 28 persen lebih sedikit karbohidrat daripada tepung tortilla.

doktersehat-daging-panggang-meat-sapi-karbohidrat-lemak-kentang-hipertensi
6. Jika Anda makan steak
Jika Anda menderita diabetes, dokter Anda mungkin sudah mengatakan kepada Anda untuk menghindari makanan berat lemak jenuh seperti steak, burger, dan daging domba. Itu karena penderita diabetes tipe 2 sampai empat kali lebih mungkin meninggal karena penyakit jantung dibandingkan dengan mereka yang memiliki gula darah normal.

Tapi masih banyak pilihan menu steak yang lezat atau koktail udang, ayam panggang, salmon panggang, dan bahkan lobster. Pesanlah ini ditambah salad bersama dengan asparagus, brokoli, atau kecambah Brussel.

7. Jika Anda menyantap makanan Yunani
Saat Anda mengingat gula darah Anda, makanan Yunani dapat menawarkan yang terbaik. Souvlaki merupakan ayam olahan rendah karbohidrat, salad Yunani, dan sup ayam orzo avegolemono. Dan hindari makanan berlemak seperti gyros, moussaka, spanakopita, dan cumi goreng.

8. Jika Anda menyantap makanan India
Dari samosa goreng  sejenis kroket yang berminyak sampai makanan pembuka berbasis nasi, makanan India bisa tampak seperti ladang makanan berkarbohidrat.

Buatlah trategi Anda, seperti menambahkan protein tanpa lemak. Sup miju-miju, makanan yang di dalamnya terdapat kacang polong ini sangat cocok untuk menjaga agar gula darah tetap stabil, dan chana masala adalah buncis pedas. Jika Anda menginginkan sesuatu yang lebih baik, pilih ayam tandoori. Ini direndam dalam saus yoghurt pedas dan ringan lalu dipanggang.

Saat Anda pergi ke restoran, bijaklan memesan menu dengan menghindari makanan yang memicu diabetes Anda.