4 Tips Menghadapi Anak yang Mulai Suka Berdandan

doktersehat anak suka dandan make up
Photo Credit: pexels.com

DokterSehat.Com– Mom, memiliki anak perempuan memang menggemaskan ya? Anda bisa mendandaninya dengan berbagai aksesoris yang menarik. Namun bagaimana jika ia sudah mulai tertarik pada make up di usia yang masih sangat dini?

Banyak orang tua mulai khawatir ketika melihat anak perempuannya mulai berani menggunakan lipstik atau peralatan make up lainnya. Namun sebenarnya hal ini tidak perlu dikhawatirkan. Anak-anak mulai tertarik pada make up karena ia terbiasa melihat ibunya berdandan setiap harinya.

Tips menghadapi anak perempuan yang mulai senang dandan

Melihat anak-anak mulai tertarik untuk berdandan, hal ini bisa jadi kesempatan untuk menjelaskan mengenai pentingnya menjaga penampilan pada anak. Beberapa hal yang bisa Anda lakukan antara lain:

1. Jelaskan kapan harus berdandan

Saat anak tertarik untuk berdandan, ia mungkin mengira bahwa ia juga bisa mengenakan make up setiap hari. Nah, untuk itu jelaskan pada anak bahwa berdandan hanya diperlukan dalam kesempatan tertentu seperti ke kantor atau menghadiri acara tertentu. Ketika di rumah, tidak perlu menggunakan make up tebal dan berlebihan.

2. Ajari untuk berpakaian dengan pantas

Anda juga bisa mengajarkan pada anak tentang penggunaan pakaian yang berbeda untuk setiap acara. Misalnya, baju di rumah tentu akan berbeda jika dengan pakaian untuk menghadiri acara ulang tahun teman. Anak juga bisa belajar bahwa baju yang Anda gunakan ke kantor berbeda dengan baju yang Anda gunakan di rumah.

3. Perhatikan penggunaan make up pada anak

Make up yang Anda gunakan tentunya diformulasikan khusus untuk dewasa. Sedangkan saat ini tidak banyak produk make up yang aman untuk anak-anak. Karena itu jangan biarkan putri Anda menggunakan make up dalam jangka waktu yang lama. Segera bersihkan dengan pembersih make up yang aman untuk menghindari iritasi atau kerusakan kulit pada anak.

4. Bedakan antara penampilan laki dan perempuan

Menjelaskan make up mungkin akan lebih mudah diterima bagi anak perempuan. Namun jika Anda memiliki anak laki-laki, sebaiknya jelaskan padanya bahwa anak laki-laki tidak perlu dandan. Ajarkan konsep maskulinitas pada anak laki-laki Anda melalui beberapa atribut seperti celana panjang, ikat pinggang, dan topi. Atau jika anak Anda ingin ikut menjaga penampilan, bisa Anda berikan gel rambut yang aman untuk anak-anak.