Memanfaatkan Jeruk untuk Perawatan Rambut dan Kulit Kepala

manfaat-jeruk-untuk-rambut-doktersehat-1
Photo Credit: Peels.com

DokterSehat.Com– Menikmati buah jeruk di siang hari akan terasa segar dan menyenangkan. Rasanya yang manis dan sedikit kesan masam serta buahnya yang berair memberikan sensasi menyegarkan saat memakannya. Selain lezat, buah ini dikenal tinggi vitamin dan nutrisi yang dapat menjaga kesehatan tubuh Anda. Tidak heran jika buah ini cukup populer dan sering menjadi pilihan sebagai asupan buah sehari-hari.

Selain membuat tubuh sehat berkat nutrisi yang terkandung di dalamnya, Anda juga dapat menemukan manfaat lain untuk rambut Anda. Berikut ini beberapa manfaat luar biasa yang bisa Anda dapatkan dari buah jeruk untuk rambut Anda.

1. Mencegah rambut rontok

Vitamin C pada buah jeruk akan memicu produksi kolagen sehingga mencegah pemisahan jaringan pada rambut. Semakin baik sirkulasi pada kulit kepala Anda, semakin baik juga pertumbuhan rambut Anda. Asam folat dan inositol yang ada pada buah jeruk akan mencegah masalah kerontokan rambut sehingga rambut Anda bisa tumbuh sehat dan indah.

2. Kondisioner yang baik

Anda juga bisa memanfaatkan buah jeruk sebagai kondisioner alami. Caranya, campurkan saja sari jeruk dengan air dan tambahkan satu sendok makan madu. Oleskan kondisioner alami ini pada rambut yang sudah dicucui, kemudian diamkan selama 5 hingga 10 menit. Selanjutnya, bilas kondisioner tesebut untuk mendapatkan rambut yang sehat, terhidrasi, berkilau dan indah.

3. Merawat masalah ketombe

Sari kulit jeruk juga efektif untuk mengendalikan masalah ketombe. Anda bisa menggunakan buah jeruk yang dihancurkan sebagai masker rambut. Cara ini akan membersihkan kulit kepala Anda dan membantu membersihkan ketombe.

Nah, itulah tadi beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari buah jeruk untuk rambut Anda. Jadi, jangan ragu lagi memilih produk rambut berbahan dasar jeruk, ya!