Terbit: 18 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

jeruDokterSehat.Com– Jeruk bisa dibilang sebagai buah sitrus yang paling populer. Gabungan antara rasa asam dan manis membuat buah ini kaya rasa. Tidak hanya itu saja, buah ini juga dikenal kaya vitamin C serta nutrisi lain yang membuat banyak orang memilih buah ini sebagai sumber asupan vitamin C. Karena kandungan nutrisinya itulah, tidak heran jika buah ini juga memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk kesehatan kulit.

Alasan Mengapa Buah Jeruk Baik Untuk Kulit Anda

1. Mendorong produksi kolagen

Sintesis kolagen berkurang seiring dengan bertambahnya usia atau karena paparan buruk lingkungan. Hal ini dapat menimbulkan masalah kerusakan kulit. Mengonsumsi satu buah jeruk setiap hari memberikan cukup vitamin C dan asam sitrat untuk mendorong produksi kolagen sehingga mampu mengurangi potensi kerusakan pada kulit Anda.

2. Manfaat anti penuaan

Jeruk kaya akan asam sitrat, komponen kunci keleompo alpha hydroxyl yang dapat mengurangi keriput dan melembapkan kulit Anda. Bahan ini sering digunakan dalam produk chemical peel untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan membuat kulit Anda tampak lebih muda. Di sisi lain, vitamin C mendorong produksi kolagen yang membuat kulit Anda tetap kencang dan lembap. Jika digunakan secara topikal, jeruk dapat menghidrasi kulit, mengurangi keriput, serta menghasilkan tampilan yang tampak lebih muda.

3. Mengusir jerawat dan komedo

Tingginya kadar vitamin A pada jeruk melindungi kulit dari bakteri dan virus yang dapat menyebabkan jerawat. Vitamin C akan mengurangi pembengkakan, meminimalisir munculnya jerawat.

4. Merawat kulit berminyak

Anda juga bisa menggunakan buah jeruk untuk merawat kulit berminyak. Caranya, ambil sari 2 buah jeruk dan bekukan dalam cetakan es batu. Selanjutnya, oleskan sari jeruk beku ini pada wajah untuk mencerahkan kulit Anda dan mengurangi kadar minyak.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

Nah, buah jeruk memang tidak hanya lezat untuk dikonsumsi, namun Anda juga bisa memanfaatkannya untuk perawatan kulit. Bagaimana, siap mencoba?


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi