Terbit: 18 November 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Salah satu bagian dari daging ayam yang digemari adalah bagian jeroannya seperti hati dan usus. Jeroan memiliki rasa yang khas sehingga bisa diolah menjadi makanan yang lezat. Hanya saja, banyak orang yang menyebut jeroan termasuk dalam bahan makanan yang tidak sehat sehingga sebaiknya kita hindari. Sebenarnya, jeroan ayam boleh kita konsumsi tidak sih?

Sebenarnya, Jeroan Ayam Sehat Tidak Sih?

Pakar kesehatan menyebut jeroan ayam sebagai makanan yang kaya akan kandungan protein yang baik bagi kesehatan otot dan jaringan tubuh. Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan oleh Harvard School of Public Health, disebutkan bahwa seporsi jeroan ayam dengan ukuran 3,5 ons menyediakan protein sebanyak 30 gram. Selain itu, di dalam jeroan ayam juga memiliki 3,19 mg zat besi dan 4,4 mg seng yang penting bagi kesehatan darah dan sistem kekebalan tubuh. Bahkan, di dalam jeroan juga terdapat kandungan vitamin A dan vitamin B12 yang cukup tinggi.

Sayangnya, dibalik berbagai kandungan nutrisi yang baik ini, jeroan ternyata juga menyimpan bahaya tersendiri. Sebagai contoh, terdapat kandungan kolesterol yang sangat tinggi, tepatnya 8 gram lemak total dan 2,7 lemak jenuh untuk setiap onsnya. Jika kita mengonsumsinya dengan berlebihan, maka risiko untuk terkena masalah kolesterol tinggi yang akan memicu datangnya penyakit jantung atau penyakit kardiovaskular lainnya.

Di dalam jeroan juga memiliki banyak kandungan racun. Hal ini disebabkan oleh fungsi utama dari hati dan ginjal ayam yang sebenarnya adalah penyaring berbagai macam racun. Beberapa jenis racun yang bisa ditemukan di dalam hati dan ginjal adalah merkuri, arsenic, timah, selenium, dan lain-lain. Memang, jika kita tidak mengonsumsinya dengan berlebihan, efek dari racun ini tidak akan begitu terasa, namun jika kita sering mengonsumsinya dalam porsi yang besar, maka racun-racun ini tentu akan semakin menumpuk di dalam tubuh.

Selain racun, jeroan ayam juga kaya akan kandungan kotoran. Bahkan, bisa jadi jeroan memiliki banyak parasit yang berasal dari makanan yang mereka konsumsi. Sebagaimana hewan pada umumnya, ayam tentu tidak bisa memilah mana makanan yang higenis atau tidak seperti manusia, bukan?

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang kita membatasi asupan jeroan meski rasanya sangat enak.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi