Simak, Inilah Penyebab Munculnya Jerawat pada Bibir

jerawat-pada-bibir-doktersehat
photo credit : pexels.com

DokterSehat.Com– Jerawat merupakan salah satu masalah yang sering muncul di wajah. Terkadang, jerawat bisa mengganggu penampilan dan bisa menurunkan rasa percaya diri. Penyebab dari jerawat sendiri adalah kurangnya kebersihan, misalnya malas membersihkan make up. Kebiasaan buruk itulah yang bisa menyebabkan timbulnya jerawat di wajah Anda.

Umumnya, jerawat tumbuh di bagian wajah seperti, dahi, pipi, hidung, dan dagu. Namun, bagaimana jika jerawat tumbuh di area bibir? Apakah Anda pernah mengalaminya? Ternyata, penyebab dari tumbuhnya jerawat di area bibir bukan karena kebersihan saja, melainkan ada beberapa faktor lainnya, yaitu:

1. Hormon tidak Seimbang

Selain kebersihan, tumbuhnya jerawat juga bisa dikarenakan hormon yang tidak seimbang. Hormon tersebut adalah hormon androgen yang meningkat secara drastis sehingga menyebabkan jerawat tumbuh di sekitar bibir. Ketidakseimbangan hormon androgen bisa terjadi akibat masa pubertas dan juga menstruasi.

2. Stres Berlebihan

Ada banyak dampak buruk yang bisa disebabkan oleh stres, mulai dari sulit tidur, meningkatkan keinginan untuk makan berlebih, dan masih banyak lainnya. Stres berlebihan juga bisa menyebabkan tumbuhnya jerawat di sekitar bibir. Hal ini ternyata masih berkaitan dengan ketidakseimbangan hormon, di mana saat kita merasa stres, maka hormon di dalam tubuh menjadi tidak seimbang sehingga menyebabkan tumbuhnya jerawat. Untuk mengatasinya, Anda bisa pergi liburan dan menyegarkan pikiran kembali.

3. Pasta Gigi

Dalam membersihkan, tentunya kita akan menggunakan pasta gigi, bukan? Namun, penggunaan pasta gigi ternyata bisa menjadi pemicu timbulnya jerawat di area bibir. Hal ini terjadi karena kandungan pasta gigi yang kita gunakan tidak cocok sehingga menimbulkan dampak buruk, yakni tumbuhnya jerawat di area bibir. Oleh karenanya, segera ganti pasta gigi dengan pasta gigi yang tidak mengandung detergen.

4. Makanan Pedas dan Berminyak

Penyebab terakhir tumbuhnya jerawat di area bibir adalah terlalu banyak mengonsumsi makanan pedas dan berminyak. Meskipun hal ini tidak akan terjadi pada semua orang, namun bagi wanita yang memiliki alergi pada kedua jenis makanan tersebut, mereka akan mengalami masalah tumbuhnya jerawat di area bibir.