Terbit: 13 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Teh adalah salah satu jenis minuman yang sangat populer dan digemari oleh sebagian besar orang di dunia, khususnya Indonesia. Selain memiliki rasa yang nikmat, teh juga dipercaya bisa memberi berbagai macam manfaat bagi kesehatan, mulai dari melancarkan pencernaan, meluruhkan lemak, hingga meningkatkan kekebalan tubuh.

Inilah 4 Jenis Teh Beserta Khasiatnya

Karena begitu populernya jenis minuman ini, maka banyak ilmuan yang berlomba-lomba dalam melakukan penelitian mengenai manfaat dari teh. Hasilnya, teh memang memiliki banyak senyawa aktif yang baik bagi kesehatan. Kemudian, dari penelitian itu pula ditemukan bahwa teh juga memiliki berbagai jenis. Apa saja jenis tersebut? Berikut diantaranya:

1. Teh Hijau

Mungkin Anda sudah sangat familiar dengan jenis teh yang satu ini. Ya, teh hijau sering digunakan dalam menurunkan berat badan. Hal itu terbukti dan telah banyak fakta yang menyebutkannya. Namun selain itu, ternyata teh hijau juga kaya akan flavonoid yang baik bagi kesehatan jantung dan mengurangi risiko kanker, stroke, hingga Alzheimer.

2. Teh Hitam

Untuk jenis teh yang satu ini memang tidak sepopuler teh hijau. Tapi, walau  tidak begitu dikenal, ternyata teh hitam juga memiliki manfaat baik bagi kesehatan. Teh hitam memiliki kandungan kafein yang paling tinggi bila dibandingkan dengan jenis teh lainnya. Teh yang satu ini dipercaya bisa melindungi paru-paru dari asap rokok serta polusi udara.

3. Teh Putih

Bagi sebagian orang, teh putih seringkali disangka susu. Padahal, teh putih memiliki tekstur yang lebih encer, tak seperti susu yang kental. Teh yang satu ini dikatakan sebagai jenis teh yang paling murni, daripada yang lainnya sebab penciptaannya melalui proses fermentasi serta penguapan sehingga khasiatnya pun semakin cepat dirasa, seperti menghilangkan stres.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

4. Teh Biru

Teh biru tercipta dari bungan telang (Clitoria Ternatea). Jenis teh yang satu ini biasa tumbuh di daerah tropis, seperti asia. Teh biru sendiri diyakini kaya akan antosianin, yakni antioksidan alami yang bisa mencegah aterosklerosis atau penyumbatan pembuluh darah.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi