7 Jenis Protein Bubuk dan Cara Penggunaanya yang Tepat

susu-protein-doktersehat
photo credit: Pexels

DokterSehat.Com – Protein bubuk atau protein powder adalah salah satu suplemen makanan untuk menambah asupan protein di dalam tubuh. Dengan mengonsumsi protein bubuk, Anda bisa mendapatkan protein secara instan tanpa harus mengunyah daging atau makan terlalu banyak telur setiap harinya.

Di luaran sana ada cukup banyak protein bubuk yang dijual dengan merek atau nama yang berbeda-beda. Sebagian besar dianggap sebagai susu meski bahan bakunya tidak menggunakan susu sapi. Nah, kira-kira jenis protein bubuk apa saja yang cocok untuk konsumsi harian?

Mengenal protein bubuk

Beberapa dari kita mungkin akan menganggap kalau protein bubuk adalah susu bubuk yang dijual di pasaran. Sebenarnya susu yang dijual di pasaran itu tidak banyak mengandung protein. Justru gula atau karbohidrat yang banyak terkandung di sana. Protein bubuk ini sedikit berbeda karena kandungan proteinnya cukup tinggi.

Nah, apakah protein bubuk ini terbuat dari susu? Beberapa ada yang terbuat dari susu, daging merah, hingga tulang dan tumbuhan. Intinya asal memiliki konsentrasi protein tinggi, bisa dihaluskan, dan tubuh mampu menyerapnya dengan cepat bisa digunakan sebagai protein bubuk.

Pada penggunaan sehari-hari, protein bubuk dibutuhkan oleh mereka yang melakukan gaya hidup vegetarian. Karena pemenuhan protein cukup sulit, mereka menggunakan protein bubuk dari tumbuhan seperti kedelai. Bubuk ini akan dicairkan menjadi semacam susu untuk dikonsumsi setiap hari.

Selanjutnya bubuk yang mengandung banyak protein ini juga digunakan untuk membantu pembentukan otot. Setelah olahraga, tubuh akan mengalami nyeri akibat banyak otot yang mengalami cedera. protein bubuk ini akan mengatasi hal itu dengan memberikan suplai energi untuk pembentukan otot baru.

Jenis protein bubuk dan penggunaanya

Jenis protein bubuk yang bisa diolah menjadi minuman atau makanan ini juga ada banyak. Berikut beberapa jenis protein bubuk yang paling banyak digunakan.

  1. Protein bubuk dari kaldu tulang

Seperti namanya, protein ini dibuat dari kaldu dan beberapa bagian dari tulang yang mengandung banyak nutrisi. Bahan ini akan diambil kaldunya lalu dikeringkan dan dibuat menjadi konsentrat tepung. Di Indonesia sendiri bubuk protein seperti ini masih belum umum dijual, tapi di luar negeri sudah  banyak dijual untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian.

Protein dari kaldu tulang ini bermanfaat untuk meningkatkan kinerja dari sistem kekebalan tubuh. Selain itu kandungan nutrisi yang kaya juga bisa digunakan untuk mengatasi masalah persendian dan juga melindungi kesehatan kulit.

  1. Protein bubuk kolagen

protein bubuk dengan bahan kolagen ini ternyata sangat dibutuhkan oleh tubuh. Tidak hanya untuk pemenuhan protein harian saja. Protein ini juga bisa mengatasi masalah persendian, menjaga kesehatan rambut dan juga kulit. Pengonsumsian secara rutin juga bisa meningkatkan kerja dari organ hati.

  1. Protein bubuk whey

Bubuk protein ini terbuat dari whey atau salah satu jenis protein yang banyak terkandung di susu. Susu diolah dengan mengambil ekstrak proteinnya saja untuk menghasilkan bubuk yang rendah lemak. Sayangnya beberapa jenis whey masih mengandung laktosa dan beberapa orang tidak bisa mengonsumsinya.

Protein yang terbuat dari susu sapi ini bermanfaat untuk banyak hal, pertama untuk membantu pertumbuhan otot. Itulah kenapa pada binaraga selalu menggunakan suplemen ini untuk meningkatkan massa ototnya. Selain itu, whey juga memperbaiki komposisi tubuh dan mengendalikan lapar lebih lama. Anda yang sedang berusaha menurunkan berat badan atau membangun tubuh yang ideal, whey patut dipertimbangkan.

  1. Protein bubuk dari kacang

Protein yang terbuat dari biji-bijian seperti kedelai dan sejenisnya mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat. Selain bisa dikonsumsi oleh siapa saja, ada banyak asam amino esensial yang bermanfaat dalam membantu tubuh membentuk tulang menjadi lebih besar dan kuat.

Protein dari bubuk kacang ini juga mencegah seseorang mengalami lapar berlebihan. Dari penelitian yang dilakukan pada tahun 2011 silam, protein bubuk ini juga bisa mengendalikan tekanan darah dengan baik sehingga hipertensi bisa dicegah. Protein ini juga membantu Anda dalam menurunkan berat badan dan diet jenis keto atau vegetarian.

5.Protein bubuk casein

Casein juga ditemukan di susu, tapi secara fungsi sedikit berbeda dengan whey. Protein jenis ini berguna untuk mencegah hancurnya otot dan mampu meningkatkan kekuatan otot dari seseorang.

Mereka yang sedang membentuk tubuh idealnya juga bisa memanfaatkan casein untuk mempercepat metabolismenya. Protein ini bisa dikonsumsi setiap hari khususnya setelah olahraga.

  1. Protein bubuk hemp

Saat ini di pasaran dunia, protein bubuk dengan bahan hemp sudah banyak dipasarkan. Hemp sendiri masuk dalam dalam tanaman yang masih satu kerabat dengan Marijuana. Namun, kandungan tetrahydrocannabinol yang termasuk golongan zat adiktif tidak ada. Murni tanaman ini adalah sumber protein.

Protein dari bubuk hemp ini memiliki kelebihan yang antara lain terdiri dari omega-3 yang kaya untuk kesehatan otak, serat yang tinggi dan baik untuk pencernaan. Selanjutnya hemp juga cocok untuk mereka yang tidak bisa mengonsumsi bahan makanan dengan kandungan laktosa.

  1. Protein bubuk beras merah atau cokelat

Terbuat dari asam amino yang terkandung di dalam beras merah atau cokelat, protein ini memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh. Salah satu manfaat yang bisa didapatkan adalah stabilnya gula darah di dalam tubuh. Protein bubuk juga bermanfaat dalam mengatur kolesterol serta yang tidak kalah penting adalah membantu penurunan berat badan.

Dari beberapa jenis protein bubuk di atas, mana saja yang pernah Anda konsumsi selama ini? Selanjutnya efektifkah penggunaan protein bubuk untuk mencukupi kebutuhan nutrisi harian? Semoga ulasan di atas bisa menambah pengetahuan kita tentang jenis protein bubuk yang bisa dikonsumsi berdasarkan kebutuhan tubuh.