8 Jenis Sayuran Akar yang Memberikan Banyak Manfaat pada Tubuh

sayuran-akar-yang-bermanfaat-doktersehat

DokterSehat.Com – Sayuran akar adalah salah satu sumber gizi dan juga serat yang sangat kaya. Di dalam sayuran ini terkandung banyak sekali manfaat tersembunyi mulai dari antioksidan, anti peradangan, hingga vitamin tertentu yang mencegah sakit. Oleh karena itu, sebaiknya coba konsumsi beberapa jenis sayuran akar yang bermanfaat untuk kebutuhan nutrisi harian.

Jenis sayuran akar yang bermanfaat

Sayuran ada banyak mulai dari sayuran dengan daun hijau, sayuran dalam bentuk buah, biji-bijian, dan yang terakhir akar. Ada berbagai jenis sayuran akar yang ada di luaran sana, namun berikut ini beberapa jenis sayuran akar yang bermanfaat dan direkomendasikan:

  1. Wortel

Wortel mengandung banyak sekali vitamin A, K, dan antioksidan bernama betakaroten. Mengonsumsi wortel dalam bentuk sup atau dibuat jus akan memberikan manfaat pada tubuh khususnya organ mata yang sudah mengalami gangguan seperti rabun dekat atau jauh.

Selanjutnya wortel juga bisa menurunkan kanker pada tubuh. Kanker yang diturunkan adalah kanker payudara pada wanita dan kanker prostat pada pria. Oh ya, manfaat wortel akan semakin besar kalau tidak melalui banyak pengolahan.

  1. Ubi jalar

Ubi jalar menjadi salah satu jenis sayuran akar yang bermanfaat dan sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi karena mengandung banyak vitamin seperti C dan A. Selain itu, umbi yang bisa berwarna ungu dan kuning ini juga mengandung banyak sekali serat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Konsumsi ubi jalan sebanyak beberapa potong per hari selama 12 minggu bisa menurunkan gula darah dengan cukup signifikan. Oleh karena itu, penderita gula darah sangat disarankan untuk mengganti konsumsi nasinya dengan ubi jalan dalam bentuk kukus atau dibuat menjadi salad sayuran.

  1. Bawang merah

Bawang merah hampir ada di semua masakan tradisional atau modern. Umbi yang memiliki banyak ukuran dan jenis ini ternyata mengandung komponen antioksidan yang membuat seseorang tidak mudah sakit. Bawang merah termasuk ke dalam salah satu jenis sayuran akar yang bermanfaat karena bisa menurunkan risiko kanker di dalam tubuh.

Berdasarkan beberapa studi yang dilakukan, mengonsumsi sekitar 100 gram bawang merah bisa menurunkan gula darah di dalam tubuh. Penderita diabetes bisa membuat sup dengan bawang merah atau bombai sebagai bahan baku utamanya.

  1. Akar bit

Akar bit yang memiliki warna ungu mungkin jarang sekali dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Meski demikian, kalau Anda ingin mendapatkan manfaatnya konsumsilah sesekali. Akar bit mengandung banyak manfaat dalam peredaran darah. Pengonsumsian akar bit dalam jumlah seimbang bisa menurunkan tekanan darah dan melancarkan alirannya.

Selanjutnya, sayuran yang bisa diolah dengan ditumis, dibakar, atau dibuat jus dengan campuran buah lain ini juga memiliki kemampuan untuk mencegah pertumbuhan sel kanker dengan cepat di dalam tubuh.

  1. Jahe

Jahe baik untuk kesehatan karena bisa membuat tubuh menjadi hangat. Tidak mengherankan kalau sayuran dalam bentuk umbi ini banyak digunakan untuk minuman atau makanan hangat lainnya. Selain rasa hangat, jahe ternyata mengandung antioksidan yang membuat Anda tidak mudah sakit.

Mengonsumsi jahe bisa menurunkan sakit saat menstruasi dan melancarkannya. Selain itu pada wanita yang sedang hamil, jenis sayuran akar yang bermanfaat ini juga dapat mencegah rasa mual yang sangat berlebih di pagi hari.

  1. Bawang putih

Selain bawang merah, bawang putih juga masuk ke dalam salah satu jenis sayuran akar yang bermanfaat. Keduanya dikenal sebagai duo bumbu utama juga memberikan manfaat yang sangat besar. Bawang putih mengandung antioksidan dan juga anti peradangan yang sangat ampuh untuk menjaga tubuh dan mengatasi infeksi dari bakteri.

Bawang putih yang bisa diolah menjadi makanan atau dibuat serbuk atau acar ini juga memiliki manfaat untuk menurunkan risiko terkena gangguan pada jantung dan tekanan darah. Mereka yang memiliki hipertensi disarankan untuk mengonsumsi lebih banyak bawang. Selain itu, penderita kolesterol tinggi juga disarankan mengonsumsi umbi herbal ini.

  1. Kentang

Kentang sering digunakan sebagai pengganti nasi dan diolah menjadi aneka makanan yang menyehatkan. Di dalam kentang terdapat karbohidrat dalam jumlah cukup, serat yang baik untuk pencernaan, potasium, dan vitamin C serta B6 yang baik untuk daya tahan. Kentang juga bisa melindungi bakteri baik di dalam usus agar bekerja maksimal.

  1. Ubi kayu

Ubi kayu juga merupakan jenis sayuran akar yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Sayuran ini bisa diolah menjadi aneka makanan mulai dari kue, tapai, hingga direbus langsung untuk pengganti nasi pada penderita diabetes atau mereka yang sedang menjalani diet.

Ubi kayu baik untuk pencernaan. Mereka yang memiliki gangguan lambung bisa mengonsumsi ubi ini dengan diparut dan diambil sarinya untuk diminum.

Cara menyiasati susah makan sayur

Sayuran dalam bentuk apa paun terkadang membuat beberapa orang enggan memakannya. Anak-anak biasanya sangat pemilih sehingga sayuran akar di atas jarang masuk ke dalam tubuh. Nah, agar sayuran tetap bisa dikonsumsi, siasati dengan beberapa hal ini.

  • Jangan biarkan bentuknya sama. Misal wortel yang akan diberikan kepada anak-anak. Usahakan untuk tidak menunjukkan bentuknya. Wortel bisa dipotong lebih kecil dan disamarkan dengan buah.
  • Campur dengan bahan lain dan haluskan. Biasanya sayuran dalam bentuk halus atau potongan kecil bisa lebih diterima oleh mereka yang enggan makan.
  • Hilangkan rasa khas sayuran seperti rasa pahit, langu, atau rasa khas lainnya. Dengan menyamarkan rasa, orang yang suka sayur tidak akan merasa keberatan mengonsumsinya.

Itulah sedikit ulasan tentang jenis sayuran akar yang bermanfaat bagi tubuh dan bisa Anda olah menjadi santapan sehat dan nikmat. Semoga ulasan di atas bermanfaat dan bisa membuat Anda memiliki motivasi untuk menambahkan banyak sayuran  ke dalam menu makan harian.